Kenalkan Pulau Natuna, GFNY Group Ride 2023 Diramaikan Komunitas Bersepeda dari 30 Negara

Rabu, 25 Oktober 2023 | 16:38 WIB ET

NATUNA, kabarbisnis.com: Gran Fondo New York (GFNY) Indonesia dengan bangga mengumumkan GFNY Group Ride yang berlangsung di Pulau Natuna pada 22 Oktober 2023 lalu. Acara yang diselenggarakan atas kerja sama Group Ride Indonesia Natuna dengan GFNY Indonesia, sebuah komunitas bersepeda global yang beranggotakan lebih dari 30 negara, merupakan sebuah pencapaian yang signifikan.

Dengan rekam jejak yang sukses dalam menyelenggarakan acara serupa di wilayah Indonesia sejak tahun 2016, GFNY Indonesia di Pulau Natuna berhasil diikuti lebih dari 150 pesepeda dari Natuna dan berbagai daerah lainnya di Indonesia, termasuk Batam, Jakarta, dan Surabaya, serta peserta yang berasal dari Inggris, Laurence Benson, yang dikenal oleh publik melalui akun Instagram dan YouTube-nya.

Acara ini digelar untuk menikmati keindahan alam melalui wisata bersepeda di Kepulauan Riau, khususnya di Pulau Natuna dengan rute yang sangat indah serta pemandangan dengan latar belakang yang menakjubkan dan ideal untuk kegiatan GFNY Group Ride tahun ini.

Kegiatan ini dimulai dari Pantai Piwang di Kota Ranai dengan menawarkan rute yang berkelok-kelok melewati bagian selatan Bunguran Besar, dengan terdapat dua pitstop di area Geosite Batu Kasah dan Teluk Depih. Dua pitstop ini pun yang menawarkan kegiatan bersepeda dengan pemandangan yang indah serta bersantai sejenak sebelum meneruskan kembali rute yang telah ditentukan.

Selain mengusung keseruan olahraga bersepeda, acara ini juga memainkan peran penting dalam memupuk persatuan di sepanjang wilayah perbatasan terluar Indonesia dengan memposisikan Natuna sebagai salah satu tujuan bersepeda di Indonesia dengan mengangkat tema "Wisata Bersepeda Natuna".

Salsabila Aisha selaku panitia sekaligus pengelola akomodasi Natuna Dive Resort mengatakan, pihaknya merasa terhormat bahwa kegiatan Natuna Ride 2023 ini turut didukung oleh Invest SEA, sebuah perusahaan investasi yang dinamis dan berpikiran maju yang didedikasikan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dan inovasi di Asia Tenggara, terutama Pulau Natuna.

"Berfokus pada sektor ekowisata dan gerakan berkelanjutan, kolaborasi ini merupakan wujud implementasi kemitraan strategis yang bertujuan untuk menampilkan keindahan alam Pulau Natuna yang masih asli melalui acara bersepeda kelas dunia," katanya melalui keterangan tertulis, Rabu (25/10/2023).

Program kerjasama ini pun turut melibatkan para pemangku kepentingan utama di wilayah Natuna seperti Pemerintah Kabupaten Natuna, Geopark Natuna, Natuna Sport Tourism, dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia.

Selain itu, Natuna Dive Resort, yang dikenal sebagai akomodasi penginapan dengan desain interior serba kayu yang juga telah meraih beberapa penghargaan, memastikan peserta GFNY Group Ride dapat menikmati fasilitas penginapan terbaik dan pengalaman suasana makan malam yang tak terlupakan.

Sebagai tambahan, para peserta juga mendapatkan kesempatan untuk melakukan kegiatan snorkeling di Pulau Senua, salah satu spot favorit wisatawan yang berkunjung ke Natuna, yang diharapkan dapat meningkatkan daya tarik mereka terhadap Pulau Natuna secara keseluruhan.

"Terselenggaranya kegiatan GFNY Group Ride 2023 di Pulau Natuna diharapkan dapat turut mempromosikan keindahan serta keragaman potensi pariwisata, khususnya sport tourism, di salah satu wilayah terluar Indonesia ini," ujar Salsabila.

Selain itu, kolaborasi yang melibatkan mitra lokal, nasional, dan internasional, salah satunya Invest SEA, diharapkan dapat memainkan peran penting untuk turut mendorong pertumbuhan ekonomi berkelanjutan dan inovasi di Pulau Natuna. kbc7

Bagikan artikel ini: