Dampak El Nino, Pemerintah Guyur Bansos Beras 10 Kg dan BLT Rp400 ribu

Rabu, 25 Oktober 2023 | 19:14 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Pemerintah bakal memberikan paket bantuan sosial (bansos) sebagai dampak menghadapi gelojak ekonomi global khususnya El Nino. Cash transfer atau bantuan langsung tunai (BLT) sebesar Rp 400 Ribu untuk dua bulan yakni November-Desember 2023 dan beras.

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan, bantuan beras sebanyak 10 kilogram (kg) diserahkan untuk 21,3 juta keluarga penerima manfaat (KPM) pada Desember 2023. Anggaran yang tambahan untuk bansos beras dan BLT El Nino tersebut mencapai Rp 2,67 triliun.

"Karena El Nino dampak cukup panjang, kita memberi tambahan untuk 1 bulan karena tiga bulan diputuskan Rp 2,67 triliun (di Desember) kita tambahan untuk bantuan keluarga miskin," kata Sri Mulyani di Jakarta, Rabu (25/10/2023).

Pemerintah juga memberikan BLT El Nino untuk 18,8 juta KPM. Informasi keluarga penerima telah didata oleh Kementerian Sosial (Kemensos).

"Diberikan BLT ini karena trigger El Nino kepada 18,8 juta KPM. Kenapa? ini sudah ada nama, alamat, dan account number di Kementerian Sosial. Mereka mendapat Rp 200.000 per bulan di November dan Desember untuk menambah daya beli mereka," imbuhnya.

Menkeu menambahkan, Kemenkeu menyediakan anggaran Rp 7,52 triliun untuk BLT El Nino tersebut. Dia menegaskan, APBN terus memposisikan sebagai instrumen yang responsif dan cukup fleksibel untuk menjaga dan perekonomian dari sisi daya beli.

Kemenkeu juga menyiapkan kebijakan lainnya yakni percepatan penyaluran program Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan insentif di sektor perumahan.Salah satunya penambahan target bantuan rumah Sejahtera Terpadu (RST) sebanyak 1,8 ribu rumah di November-Desember dengan bantuan senilai Rp 20 juta per rumah.

"Kami menambahkan untuk masyarakat yang miskin di mana Kemensos membangun rumah, kami menyediakan Rp 326,2 miliar (tahun ini)," pungkasnya. kbc11

Bagikan artikel ini: