Apindo Serukan Agar Pengusaha Jatim Netral di Pilpres 2024

Jum'at, 27 Oktober 2023 | 20:18 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnia.com: Ketua Dewan Pertimbangan Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Jawa Timur Alim Markus mengajak pengusaha Jatim agar bersikap netral saat Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 nanti.

"Dan juga harus netral netral, netral," ungkap Alim Markus usai menghadiri peresmian kantor baru Apindo Jatim di Surabaya, Jumat (27/10/2023).

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Ketua Apindo Jatim Eddy Widjanarko bahwa Apindo Jatim memilih bersikap netral atas pencalonan ketiga pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) 2024 yang telah mendaftar ke KPU.

Baik Alim Markus maupun Eddy memilih untuk lebih fokus memperhatikan kondisi ekonomi Indonesia karena sejauh ini masih tertekan gejolak ekonomi global.

"Sekarang inflasi naik, kebutuhan naik, bunga naik, BBM naik, pengusaha akhirnya sengsara. Saya bilang ke teman-teman, ini keadaan sangat turun. Pasti ada waktu untuk naik, mungkin setelah Pilpres di semester kedua 2024," ujar Alim Markus.

Walaupun saat ini ekonomi sedang tidak baik-baik saja, tetapi CEO Maspion Group tersebut mengajak seluruh pengusaha untuk tenang dan tidak khawatir. "Dalam kondisi negatif pun harus tenang, tenang, tenang," katanya

Sementara Eddy mengungkapkan, melemahnya ekonomi Indonesia tidak lepas dari masih berlanjutnya resesi dunia. Sehingga pertumbuhan ekonomi Indonesia, termasuk Jatim dalam dua bulan kebelakang tidak jauh berbeda dengan bulan-bulan sebelumnya.

"Kenaikan tidak signifikan, kita juga tahu lebaran kemarin penjualan lokal tidak begitu baik. Tetapi kami berharap tahun depan akan lebih baik. Namun sekarang tidak banyak yang bisa dilakukan. Sekarang banyak masalah, perang Rusia-Ukraina belum selesai, ditambah lagi dengan perang Israel-Palestina. Ini sangat menyita perhatian dunia, semua bantuan pun difokuskan ke sana," ungkap Eddy..

Meski demikian, ia masih menaruh harapan agar momen Pilpres 2024 bisa sedikit membantu mendongkrak ekonomi domestik. Apalagi ada tiga pasangan capres dan cawapres yang akan bertanding di pilpres 2024 nanti.

"Harapan kami November-Desember ada kenaikan cukup besar karena ada tiga calon dan semuanya punya uang. Ini bisa menggerakkan ekonomi, misal industri tekstil untuk pemesanan kaos, Mamin, sepatu juga banyak pesanan. Itu bisa mendongkrak," ujarnya.

Terkait peresmian kantor Apindo Jatim yang baru, Eddy mengatakan pihaknya juga akan mengfungsikannya sebagai Apindo Training Center (ATC) yang akan menjadi tempat pelatihan dan seminar.

"Ini juga akan menjadi Apindo Training Center. Di pusat sudah ada. Ini adalah cabang pertama dan diharapkan nanti setiap bulan ada pelatihan. Pelatihan yang akan kita lakukan ada banyak, bisa untuk sertifikasi, kompetensi, produktifitas, seminar. Semua itu untuk kepentingan meningkatkan kualitas SDM yang akan dipakai industri. Juga akan dipakai untuk magang," terangnya.

Pelatihan dan sertifikasi yang akan dilakukan tidak hanya untuk yang formal saja tetapi juga informal. "Kedepannya tidak hanya vokasi tetapi juga inkubasi, menciptakan enterpreneur yang baru yang mampu membantu pemerintah untuk ciptakan lapangan kerja," pungkasnya.kbc6

Bagikan artikel ini: