Pakuwon Bangun Superblok di IKN Senilai Rp5 Triliun, Jokowi Pimpin Groundbreaking Hari Ini

Rabu, 1 November 2023 | 11:53 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: PT Pakuwon Jati Tbk, melalui entitas anak perusahaan, PT Pakuwon Nusantara Abadi (PNA), menandai dimulainya pembangunan superblok di Ibu Kota Nusantara (IKN) dengan melakukan ground breaking yang dipimpin langsung Presiden Joko Widodo (Jokowi), Rabu (1/11/2023).

Pembangunan proyek superblok dengan nama "Pakuwon Nusantara" ini berada di di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) dengan nilai investasi sebesar Rp 5 triliun.

President Director PT Pakuwon Nusantara Abadi, Eiffel Tedja mengatakan, pihaknya optimistis bahwa pembangunan superblok di IKN yang direncanakan terdiri dari sebuah pusat perbelanjaan, kondominium dan 3 hotel akan sangat menguntungkan perseroan dalam jangka panjang.

Momentum Groundbreaking Pakuwon Nusantara menjadi penanda dukungan penuh Pakuwon untuk Ibu Kota Negara (IKN).

"Selain Pakuwon Nusantara, saat ini kami memiliki proyek superblok baru dalam pipeline di Bekasi, Batam dan Semarang yang kelak setelah beroperasi akan memperbesar portofolio 4 existing superblok kami di Jakarta dan Surabaya," ujar Eiffel Tedja dalam keterangan tertulisnya, Rabu (1/11/2023).

Proyek pembangunan superblok Pakuwon Nusantara sendiri memiliki lahan seluas 7,2 hektare berlokasi strategis di Kawasan Sumbu Kebangsaan dan tepat di depan tugu 'Titik Nol'.

Dengan menggandeng grup Marriott International, proyek Pakuwon Nusantara akan membangun Hotel Four Points by Sheraton. Disusul dengan pembangunan pusat perbelanjaan, hotel Tribute Portfolio by Marriott, hotel Westin dan ballroom.

Konsep pembangunan pusat perbelanjaan Pakuwon Nusantara ini akan mengusung desain yang menyatu dengan konsep teras langit dari alam terbuka yang hijau dengan pemandangan langsung ke lembah dan sungai yang berada tepat di samping gedung pusat perbelanjaan, sehingga sangat mendukung suasana hang-out, sejuk, modern dengan alam yang asri.

Eiffel Tedja bilang, Pembangunan superblok Pakuwon Nusantara adalah salah satu upaya untuk terus memperbesar basis sumber pendapatan berkelanjutan dan diversifikasi geografis Pakuwon.

"Perseroan juga memandang investasi ini sebagai wujud peran pengusaha swasta untuk pemerataan pembangunan di Indonesia," pungkasnya. kbc7

Bagikan artikel ini: