Minta Pajak Suku Cadang Pesawat Dihapus, Menhub Bakal Lobi Sri Mulyani

Jum'at, 3 November 2023 | 14:33 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi berencana menemui Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati untuk memperjuangkan adanya penghapusan pajak suku cadang yang didatangkan dari luar negeri. Hal ini dilakukan untuk menekan biaya operasional maskapai.

Menhub mengatakan, dengan dihapusnya pajak terhadap suku cadang pesawat maka biaya operasional maskapai akan semakin berkurang.

"Ini yang kita minta (Penghalusan pajak suku cadang). Saya akan sowan ke Bu Menkeu untuk menyampaikan bahwa pajak dari suku cadang itu dampaknya besar banget," katanya seperti dikutip, Jumat (3/11/2023).

Menhub mengatakan bahwa penghapusan pajak tersebut juga dilakukan guna mendukung Maintenance, Repair, and overhaul (MRO) dalam negeri.

"Kan kasihan GMF segala macem dan sayang juga kesempatan itu bisa kita lakukan dan itu menjadi kompetitifnes kita untuk MRO berkurang. Kita bayangkan yang namanya MRO bukan untuk Indonesia saja. Tapi kalo masuk ke sini suku cadangnya kena pajak dan itu lah yang terjadi," katanya.

Pasalnya, kata Menhub, tantangan yang dihadapi industri penerbangan saat ini adalah jumlah pesawat yang terbatas, suku cadang terbatas hingga harga avtur yang masih mahal.

"Kita juga tahu bahwa USD, avtur, suku cadang, merupakan suatu hambatan-hambatan," katanya. kbc10

Bagikan artikel ini: