Tak Tonton Iklan atau Langganan Premium, YouTube Bakal Blokir Video

Minggu, 5 November 2023 | 18:10 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: YouTube tampaknya semakin serius memerangi fitur pemblokir iklan atau biasa disebut "ad blocker". Fitur ad blocker ini biasanya dipasang di browser atau ponsel menggunakan layanan dari pihak ketiga.

Terbaru, YouTube dikabarkan semakin gencar memblokir video bila pengguna terdeteksi menggunakan ad blocker di perangkat miliknya.

Hal ini dikonfirmasi oleh manajer komunikasi YouTube Christopher Lawton dalam sebuah pernyataan yang diberikan kepada sebuah media di AS. "YouTube memperluas upayanya untuk menindak pemblokir iklan. Platform ini telah meluncurkan upaya global untuk mendorong pengguna mengizinkan iklan atau mencoba YouTube Premium," kata Lawton.

YouTube beralasan, iklan mendukung beragam ekosistem pembuat konten secara global dan memungkinkan miliaran orang mengakses konten favorit mereka di YouTube secara gratis.

Jika tak mau menonton iklan, pengguna bisa berlangganan YouTube Premium. Dengan begitu, konten kreator akan tetap mendapatkan uang dari langganan pengguna.

Pengguna yang terdeteksi menggunakan ad blocker akan melihat jendela video pemberitahuan berwarna hitam bertajuk "Ad blocker melanggar syarat penggunaan layanan YouTube". Pada titik ini, pengguna tidak bisa menonton video YouTube. kbc10

Bagikan artikel ini: