Doyan Belanja Online, Pengguna E-Commerce RI Tembus 196 Juta

Senin, 6 November 2023 | 14:24 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Statista Market Insights mencatat, jumlah pengguna e-commerce di Indonesia mencapai 178,94 juta orang pada 2022. Angka tersebut mengalami peningkatan sebesar 12,79% jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang sebanyak 158,65 juta pengguna.

Jika melihat tren saat ini, pengguna e-commerce di Indonesia diproyeksikan akan terus mengalami peningkatan hingga mencapai 196,47 juta pengguna hingga akhir 2023.

Bahkan, tren kenaikan jumlah pengguna e-commerce ini diprediksi masih akan terus terjadi hingga empat tahun ke depan. Statista juga memperkirakan bahwa jumlah pengguna e-commerce di dalam negeri mencapai 244,67 juta orang pada tahun 2027 mendatang.

Di sisi lain, Bank Indonesia (BI) mencatatkan bahwa nilai transaksi e-commerce di Indonesia sebesar Rp476,3 triliun pada 2022. Nilai itu didapatkan dari 3,49 miliar transaksi di e-commerce sepanjang tahun lalu.

Angka tersebut lebih tinggi 18,8% jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang sebesar Rp 401 triliun. Nilai ini diprediksi masih bisa tumbuh lagi sebesar 20% hingga mencapai Rp 572 triliun pada tahun 2023.

Salah satu faktor yang mendasari prediksi ini adalah terus meningkatnya penetrasi internet nasional yang juga menjadi pendukung tumbuhnya bisnis e-commerce di masa depan.

Berdasarkan hasil survei Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), pengguna internet di Indonesia mencapai 215,63 juta orang pada periode 2022-2023.

Tidak heran jika e-commerce kini mulai menjadi solusi berbelanja yang praktis dan mudah bagi banyak orang.

Mengetahui hal tersebut, PergiLagi yang merupakan aplikasi untuk topup produk digital dan booking tiket di bawah naungan PT Global Payment Indonesia, kini meluncurkan fitur menarik terbarunya yaitu fitur e-commerce yang menawarkan berbagai produk.

Dengan menggabungkan fitur e-commerce di dalamnya, PergiLagi memudahkan konsumen dalam memenuhi semua kebutuhan belanja mereka dalam satu aplikasi secara praktis.

Ini bukan hanya aplikasi e-commerce biasa yang menghubungkan penjual dan pembeli. Fitur menarik ini memudahkan untuk melakukan penjualan produk satuan maupun grosir dengan harga kompetitif sehingga cocok bagi yang ingin mulai berbisnis.

"Dengan beragam produk, penawaran grosir, kemudahan penggunaan, keamanan transaksi, dan pengiriman cepat, Pergi Lagi adalah solusi yang sangat menarik untuk konsumen dan pemilik bisnis. Dengan pertumbuhan konstan e-commerce, aplikasi seperti Pergi Lagi membuka peluang baru untuk berbelanja lebih cerdas," kata Direktur PT Global Payment Indonesia Adi Cahyo Samodra. kbc10

Bagikan artikel ini: