HSC Ajak Media Eksplor Jawa Timur bersama 4 SUV Andalan Honda

Kamis, 16 November 2023 | 14:28 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Jawa Timur dikenal memiliki sejumlah destinasi menarik dengan berbagai kondisi kontur akses jalan dan cuaca yang beragam. Tentunya ini sangat menarik untuk dikunjungi.

Sebagai main dealer mobil Honda wilayah Jatim, Bali dan Nusa Tenggara, Honda Surabaya Center (HSC) pun mengajak sejumlah awak media untuk menjelajahi sejumlah destinasi wisata dan kuliner di Jawa Timur melalui acara bertajuk "Honda East Java Exploration".

HSC menyiapkan 4 model kendaraan sport utility vehicle (SUV) andalannya, yakni Honda WR-V, All New Honda BR-V, All New HR-V, dan All New Honda CR-V RS e:HEV dalam kegiatan yang berlangsung pada 14-15 November 2023 tersebut.

Dengan rute Surabaya - Kediri - Pujon (Malang) - Surabaya, pada awak media diajak membuktikan performa dan fitur keempat SUV tersebut dengan melewati berbagai jalanan dengan berbagai macam kondisi jalan.

President Director Honda Surabaya Center, Ang Hoey Tiong mengatakan, pihaknya sengaja melibatkan media untuk sama-sama mengeksplorasi destinasi wisata dan kuliner yang ada di Jawa Timur, yang menawarkan eksotisme alam yang menantang bersama empat SUV favorit Honda.

"Perjalanan dari Surabaya menuju Kediri, Pujon, Malang dan kembali ke Surabaya diperkirakan menempuh jarak 297 kilometer. Perjalanan jauh dan menantang pasti tetap nyaman dengan ditemani produk SUV Honda, yang memang dikembangkan untuk menaklukkan kondisi jalan di Indonesia, baik perkotaan, pedesaan maupun pegunungan," paparnya sebelum melepas peserta "Honda East Java Exploration" di diler Honda Royal Wiyung, Surabaya, Selasa (14/11/2023).

Agar semua peserta bisa merasakan kenyamanan, performa dan fitur di kendaraan SUV Honda yang disiapkan, setiap tim diberi kesempatan untuk bergantian kendaraan di setiap pitstop.

"Kami berharap para media bisa fun to drive dan bisa mendapatkan perspektif baru dalam merasakan mobil SUV Honda," ujar Ang Hoey Tiong.

Berangkat dari diler Honda Royal Wiyung, rute pertama menuju diler Honda Pacific Motor Kediri untuk bersilaturahmi. Perjalanan berikutnya berwisata kuliner di Soto Ayam Pojok di Jalan Dhoho Kediri dan dilanjutkan ke Cafe D'Brontos. perjalanan ini melintasi jalanan kota yang padat kendaraan. Tapi SUV Honda tetap nyaman dan lincah.

Setelah puas 'ngopi' dan bergantian kendaraan, peserta melanjutkan perjalanan menuju Bobocabin Pujon, Malang melalui beberapa tempat wisata, salah satunya Monuman Simpang Lima (SLG) Gumul, Kediri. Setelah berfoto-foto dan mengambil spot terbaik, perjalanan berlanjut, dan di sinilah performa 4 SUV Honda terasa nyaman, karena jalanan berkelok dengan kontur tanjakan dan turunan.

Honda WR-V  misalnya, dengan tipe RS with Honda SENSING cukup responsif dengan handling serba asyik. Dibanding para rival di kelasnya, mobil ini menawarkan pengendalian yang memberikan rasa percaya diri.

Kapasitasnya 1.498 cc dengan konfigurasi 4 silinder. Ada teknologi i-VTEC, DOHC, dan drive by wire sebagai peranti modern yang dipasang.

Tenaga maksimumnya mampu mencapai 121 PS pada putaran mesin @6.600 rpm, sementara torsi maksimum yang bisa diraih mencapai 145 Nm @4.300 rpm.

Beberapa kali kami dihadapkan dengan jalan sangat sempit yang mengharuskan kami menepi ke sisi kiri. Beruntung, WR-V punya dimensi yang kompak. Dengan panjang 4.060 mm, lebar 1.780 m, dan tinggi 1.608 mm sangat memudahkan ruang gerak kami.

WR-V memiliki ground clearance 220 mm yang artinya cukup tinggi untuk melewati jalan di pegunungan dan tidak merata.

Sementara itu untuk All New Honda BR-V, peserta disediakan tipe Prestige with Honda SENSING. Menyalakan Low SUV ini sudah modern, cukup menekan tombol start/stop engine. Bahkan bisa dilakukan dari jauh, saat Anda berada di luar mobil, dengan menggunakan smart key. Keren ya!

Begitu duduk di depan kemudi, kami dihadapkan pada sisi kanan setir yang diisi tombol-tombol untuk mendukung fitur Honda SENSING seperti adaptive cruise control. 

All New Honda BR-V cukup responsif di jalan bebas hambatan maupun menanjak. Honda mengaku mesin 1.5L i-VTEC generasi kedua BR-V ini diperbarui sehingga ada penambahan tenaga menjadi 121 ps per 6.600 rpm dengan torsi maksimal 145 Nm per 4.300 rpm.

Performanya di jalan dalam kota dan berkelok-kelok juga cukup baik. Visibilitas pengemudi baik dengan blind spot yang minim. Body roll-nya juga sangat minim. 

Menariknya, ada fitur Honda LaneWatch, yang menampilkan gambar kondisi kendaraan bagian kiri di headunit berlayar sentuh 7 inci, saat saya menggunakan sen kiri (maklum spion kirinya ada kameranya. Jadi mata tak lagi memandang jauh ke spion, saat Anda ingin belok kiri atau pindah lajur. Nyaman bukan!

Fitur Honda SENSING yang berisi enam fitur keamanan aktif, juga kami cicipi. Kami merasa sangat terbantu dan nyaman dengan itu, karena cara kerjanya tidak kasar seperti fitur Lane Keeping Assist System (LKAS) dan Road Departure Mitigation System (RDMS). Komputer secara otomatis mengubah atau membalikkan setir ke posisi normal, bila sensornya mendeteksi kendaraan ke luar garis atau lajur.

Sementara fitur Collision Mitigation Braking System (CMBS) beberapa kali membantu pengereman, bila jarak mobil kami dengan mobil di depan terlalu dekat. Selain itu, Honda SENSING di All New BR-V ada fitur Adaptive Cruise Control, Lane Car Departute Notifications System, dan Auto High Beam. Semua fitur-fitur ini, sangat fungsional sehingga peran pengemudi semakin dimudahkan sekaligus nyaman.

Bagaimana dengan All New Honda HR-V? Kebetulan peserta disiapkan tipe SE. Tipe ini menjadi model tertinggi kedua setelah RS Turbo yang menawarkan kenyamanan mengemudi yang menyenangkan, terlebih untuk melintasi sejumlah ruas jalan yang cukup menantang. Salah satu yang menawarkan keamanan dan kenyamanan berkendara adalah hadirnya fitur Honda Sensing di HR-V terbaru ini plus tampilannya yang keren.

Bicara performa, All New HR-V SE ini di atas kertas memiliki tenaga 121 PS dan torsi 145 Nm. Secara tarikan, memang mesin HR-V SE tidak seresponsif HR-V Turbo RS, karena tipe tertinggi RS ini menggunakan mesin turbo. Namun secara keseluruhan mesin HR-V SE terbilang bertenaga, di jalan merata maupun menanjak.

Soal handling, Honda HR-V SE ini memiliki body roll yang baik dan saat bermanuver juga terbilang stabil. Memang kami tidak mencoba mobil ini saat bermanuver kecepatan tinggi, namun untuk penggunaan di jalanan perkotaan terbilang baik.

Lalu untuk suspensinya juga mampu memberikan daya redam yang baik, terlebih saat melewati jalanan bergelombang. Kekedapannya juga terbilang baik, tidak ada suara berlebih dari sekitar kendaraan yang masuk ke dalam kabin.

Dan yang paling ditunggu-tunggu adalah mobil SUV Honda terbaru, Honda CR-V RS e:HEV. Kami pun bisa menikmati langsung fitur-fitur canggih serta beragam peningkatan di CR-V RS hybrid.

Secara umum beberapa fitur unggulan yang menarik dan memberikan kenyamanan kami adalah kehadiran aplikasi Honda Connect. Selain itu, pemanfaatan teknologi di trnasmisi B atau B Range.

Dimulai dengan mencari mobil memanfaatkan aplikasi Honda Connect lewat fitur "Find My Car". Melalui fitur itu, kami diberikan titik koordinat mobil di ponsel, lalu bisa langsung terhubung ke Maps.

Duduk di depan kemudi, kelengkapan pengaturan kursi dan setir sudah sangat memenuhi kebutuhan esensial. CR-V bisa mengakomodasi pengemudi dengan berbagai postur tubuh agar duduk nyaman.

Menariknya, suara mesin galak tapi merdu di telinga terdengar di dalam kabin. Ini berkat peran Active Sound Mode yang mengamplifikasi suara jantung mekanis. Lebih menggelitik lagi, memberikan efek perpindahan gigi yang rapat dan cepat layaknya mobil sport. Walau  artificial sound, tapi setidaknya memberikan sensasi. Toh, respons dan laju yang diberikan sesuai ekspektasi.

Saat melaju di jalan sempit atau padat kendaraan, keamanan fitur Honda CR-V RS e:HEV sudah mumpuni. Ketika berbelok dan atau menyalakan sein, sensor kamera di bagian samping bodi langsung memberikan gambaran kondisi di sekitar. Selain itu, posisi armrest yang menjorok ke depan membuat pengemudi lebih santai.

Satu lagi, head up display (HUD) digital kecil yang menampilkan navigasi Google Maps, tentu menambah kemudahan pengemudi.

Soal aliran tenaga saat kondisi padat, Honda CR-V RS hybrid terbilang piawai. Ketika motor listrik yang bekerja, tidak perlu diragukan lagi daya dorongnya bisa dirasakan sejak rpm (putaran mesin) terendah.

Kami pikir SUV berbanderol Rp 800 jutaan itu sangat cukup dalam urusan memproduksi tenaga, bahkan saat dibejek di jalan bebas hambatan, tinggal aktifkan mode Sport, untuk mendapatkan tenaga di rpm tinggi tidaklah berat.

Ketika melalui jalur tanjakan dan turunan, fitur transmisi B atau B Range juga membantu memaksimalkan kenyamanan, terutama untuk mendapatkan efisiensi bahan bakar. Untuk B range digunakan pada dua kondisi. Gunanya untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada pengemudinya.

Salah satunya membuat mobil otomatis mengurangi kecepatan di jalan menurun, sehingga pengemudi tidak perlu repot menginjak rem. Pada saat bersamaan, proses pengisian daya baterai saat deselerasi lebih optimal ketimbang dengan menggunakan mode D.

Jantung pacu CR-V RS e:HEV terbilang mumpuni. Berdasarkan data angka tercipta dari perpaduan enjin konvensional dan motor listrik mencapai 207 PS. Sementara torsinya sebesar 335 Nm yang berasal dari motor listrik. Dinamo itu sendiri menciptakan tenaga tertinggi 184 PS, sedangkan mesin peminum bensin berkubikasi 2,0 liter dengan konfigurasi 4 silinder i-VTEC menyemburkan 147 PS dan 181 Nm.

Honda CR-V RS e: HEV hadir dalam lima varian warna yakni Platinum White Pearl, Crystal Black Pearl, Meteoroid Gray Metallic, Canyon River Blue Metallic dan Ignite Red Metallic.

Dalam kesempatan acara "Honda East Java Exploration", Direktur HSC Wendy Mihardja mengakui, empat SUV Honda tersebut saat ini telah menjadi andalan penjualan. Pasalnya, dengan tren segmen SUV yang terus meningkat, Honda menawarkan beragam model yang bisa disesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhan konsumen dengan segala keunggulan model, fitur keamanan, dan kenyamanan.

"Memang secara volume penjualan tertinggi masih Brio. Namun posisi kedua dan seterusnya sudah ditempati SUV. Secara berurutan peringkat kedua penjualan adalah tipe HR-V, disusul WR-V, BR-V dan CR-V. Dan SUV Honda juga diminati beragam segmen, mulai anak muda, keluarga, hingga dewasa yang sudaH mapan," ungkap Wendy. kbc7

Bagikan artikel ini: