Diresmikan Eric Thohir, Kantorpos Bersejarah Disulap Jadi Ruang Kreatif Anak Muda Surabaya

Kamis, 16 November 2023 | 22:42 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) terus mendorong perusahaan pelat merah untuk memanfaatkan aset yang dimiliki sebagai pemberdayaan industri kreatif hingga usaha mikro kecil menengah (UMKM).

Seperti yang dilakukan PT Pos Indonesia (Persero) bersama PT Pos Properti Indonesia yang aktif melakukan berbagai strategi optimalisasi dan transformasi aset.

Langkah itu dilakukan dengan menyulap Kantorpos Kebonrojo Surabayamenjadi creative hub bernama Pos Bloc Surabaya. Ini adalah Pos Bloc ke-3 yang dibangun PT Pos Properti setelah Pos Bloc Jakarta dan Medan.

Peresmian Pos Bloc Surabaya dilakukan oleh Menteri BUMN Erick Thohir. Turut hadir juga Walikota Surabaya Eri Cahyadi, didampingi Direktur Utama PT Pos Indonesia (Persero) Faizal R. Djoemadi, Direktur PT Pos Properti Indonesia Junita Roemawi, dan CEO PT Ruang Kreatif Pos Jimmy Saputro beserta segenap jajarannya masing-masing. Pos Bloc Surabaya merupakan proyek cipta ruang (placemaking) hasil kolaborasi antara Pos Indonesia, dilaksanakan oleh Pos Properti sebagai anak perusahaan Pos Indonesia dengan PT Ruang Kreatif Pos, salah satu anak perusahaan PT Radar Ruang Riang.

Pos Bloc sendiri difungsikan sebagai ruang kreatif bagi berbagai acara seni, budaya, pertemuan komunitas kreatif, hiburan, pemberdayaan bisnis UKM dan UMKM yang telah dikurasi. Dibangun di atas lahan seluas 13.950 m2, gedung ini mulanya merupakan Kantorpos Besar Surabaya, sebuah gedung cagar budaya peninggalan Belanda berusia 1,5 abad.

Gedung ini terkenal dengan sejarahnya yang merupakan tempat Presiden Pertama RI Ir. Soekarno bersekolah di Hogere Burgerschool (HBS), maka dari itu Pos Bloc juga menghadirkan Galeri Soekarno sebagai bentuk memorabilia jejak Sang Proklamator di gedung ini. Selain itu, ada juga Galeri Pos yang menampilkan benda-benda Pos seperti prangko, benda pos jadul, hingga sepeda motor yang digunakan pak Pos.

Pos Indonesia merupakan satu dari sekian banyak BUMN yang asetnya dikolaborasikan dengan pihak ketiga untuk dimanfaatkan sebagai ruang kreatif. "Ini merupakan upaya kami dari Kementerian BUMN untuk merevitalisasi aset-aset BUMN, terutama aset-aset idle yang sebenarnya memiliki value lebih jika dimanfaatkan secara optimal. Aset BUMN itu bayak dan bernilai, namun sering kali terlupakan, kalau dimaksimalkan pengelolaannya pasti akan membawa manfaat lebih baik bagi masyarakat maupun bai BUMN itu sendiri," jelas Erick Thohir usai peresmian Pos Bloc Surabaya.

Dia berharap Pos Bloc Surabaya bisa terus dikembangkan dan disinergikan dengan pihak lain. Untuk itu, harus digelar banyak even yang melibatkan anak-anak muda kreatif dan UMKM.

"Jangan seperti yang dulu-dulu, setelah peresmian mangkrak. Jadi di era dunia yang tidak baik-baik saja banyak BUMN yang sudah bertransformasi dengan baik," unmgkapnya.

Walikota Surabaya Ery Cahyadi menyambut baik hadirnya Pos Bloc Surabaya. Hal itu diharapkan akan terus menggerakkan ekonomi kreatif dan UMKM di Surabaya. "Kalau gedung-gedung tua seperti di Jalan Rajawali Surabaya bisa dimanfaatkan seperti ini saya yakin akan banyak menyemangati anak-anak muda dan industri kreatif di Surabaya," tandasnya.

Direktur Utama Pos Indonesia Faizal R. Djoemadi menyatakan optimismenya atas peresmian Pos Bloc ke tiga, setelah Posbloc Jakarta dan Pos Bloc Medan. "Saya optimis Pos Bloc Surabaya tidak kalah sukses dengan kakak-kakaknya, Pos Bloc Jakarta dan Pos Bloc Medan. Letak yang strategis serta nilai historis yang dimiliki akan menjadi magnet bagi Pos Bloc Surabaya untuk menarik wisatawan," ungkap Faizal.

Momen peresmian Pos Bloc Surabaya sekaligus dimanfaatkan untuk peluncuran merek dan logo baru POS IND : Pos Indonesia Integrated National Disribution. Lahirnya POS IND merupakan wujud langkah transformatif dan awal babak baru dalam sejarah panjang industri pos di Indonesia. Tak hanya menjadi penyedia layanan, POS IND memiliki semangat baru guna mempercepat kemajuan logistik di Indonesia. Peluncuran merek dan logo merupakan gambaran menuju BUMN logistik yang modern, dapat bersaing secara global serta merupakan bentuk nyata atas dukungan perusahaan terhadap peningkatan ekonomi nasional. 

Dengan diresmikannya Pos Bloc Surabaya ini, harapannya dapat mewadahi pelaku kreatif di Surabaya dari berbagai bidang untuk menampilkan karyanya pada publik dan bisa dinikmati oleh siapapun dari berbagai latar belakang apapun. kbc7

Bagikan artikel ini: