Tingkatkan Nilai Tambah bagi Nasabah, Bank OCBC NISP Berubah Jadi "OCBC"

Rabu, 22 November 2023 | 19:12 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Bank OCBC NISP telah resmi memperkenalkan "OCBC' sebagai merek dan logo terbaru yang efektif sejak 14 November 2023 di seluruh Indonesia. termasuk di Surabaya.

Perubahan nama merek dan logo ini tidak memengaruhi nama legal Bank yaitu PT Bank OCBC NISP Tbk. Momen ini juga menandai komitmen OCBC Indonesia yang semakin kuat untuk mengajak nasabah di seluruh Indonesia untuk naik level ke tingkat global lewat produk dan layanan yang semakin komprehensif, dengan kapabilitas global dan nilai lokal.

Dengan perubahan merek dan logo ini, nasabah OCBC Indonesia dapat memanfaatkan berbagai kekuatan dan sumber daya dari OCBC Group, yang merupakan salah satu grup perbankan terbesar di Asia Tenggara Dengan sinergi bersama OCBC Group.

Disertai dengan pengetahuan dan nilai-nilai lokal Indonesia, OCBC Indonesia dapat menawarkan berbagai pilihan produk dan layanan perbankan maupun non perbankan yang lebih luas untuk seluruh nasabah, dengan akses ke pasar regional dan global.

National Network Head OCBC Indonesia Jenny Hartanto mengatakan selama lebih dari 82 tahun, OCBC Indonesia terus berinovasi untuk menjawab kebutuhan finansial masyarakat Indonesia lewat produk dan layanan perbankan yang komprehensif.

"Dengan rekam jejak dan pemahaman yang panjang dalam melayani masyarakat, dipadukan dengan kapabilitas global dari sinergi dengan OCBC Group, kami terus memperkuat komitmen untuk menjadi mitra tepercaya untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia," ujarnya.

Lebih lanjut, Jenny menambahkan bahwa perubahan merek dan logo ini merupakan bagian dari upaya OCBC Indonesia untuk memberikan layanan dan inovasi yang semakin komprehensif dan berkesinambungan.

Dengan begitu, nasabah OCBC Indonesia dapat menikmati beragam kemudahan bertransaksi pada jaringan OCBC Group di berbagai negara, mendukung individu menjadi generasi yang financially fit, dan mendukung perusahaan Indonesia untuk tumbuh secara berkesinambungan dan mendunia.

"Bahwa strategi kita tidak berubah banyak, fokus tetap sama ke segmen yang sudah kita jalani, yaitu UKM dan konsumer. Justru dengan perubahan ini kami akan bisa pastikan akan lebih mudah masuk ke segmen-segmen tersebut. Dan langkah ini sangat berdampak positif terhadap kemudahan nasabah di luar negeri. Misal kartu debit OCBC bisa dibuat transaksi di berbagai negara di luar negeri," ujarnya.

Terkait kinerja perusahaan, OCBC telah mencatatkan laba bersih secara konsolidasi sebesar Rp3,05 triliun pada kuartal III/2023, naik 20% secara tahunan (year on year/yoy) dibandingkan perolehan laba bersih pada periode yang sama tahun sebelumnya Rp2,54 triliun. 

Berdasarkan laporan keuangan, laba bank terdongkrak oleh pendapatan bunga bersih (net interest income/NII) yang mencapai Rp7,38 triliun, naik 17,51% yoy. Margin bunga bersih (net interest margin/NIM) bank pun naik dari level 3,91% pada September 2022 menjadi 4,37% pada September 2023.

Selain dari bunga, bank telah meraup pendapatan berbasis komisi atau fee based income sebesar Rp778,84 miliar pada kuartal III/2023, naik 6,05% yoy.

Rasio profitabilitas bank pun kian menanjak. Tercatat, tingkat pengembalian aset (return on asset/ROA) NISP naik 23 basis poin (bps) ke level 2,15%. Tingkat pengembalian ekuitas (return on equity/ROE) juga naik 128 bps ke level 12,16%.kbc6

Bagikan artikel ini: