Siap-siap! Harga Tiket Whoosh Bakal Naik Jadi Rp250 Ribu

Selasa, 5 Desember 2023 | 06:59 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir membuka peluang bakal mengerek perlahan-lahan tarif kereta cepat Whoosh menjadi Rp250 ribu.

"Kita sudah mulai menjajaki harga (tiket Whoosh) sekarang. Tadinya Rp150 ribu, kita akan pelan-pelan naikkan menjadi Rp200 ribu sampai Rp250 ribu ke depan," kata Erick dalam rapat kerja bersama Komisi VI DPR RI, Jakarta Pusat, dikutip Senin (4/12/2023).

Erick mengatakan, Whoosh yang sudah secara resmi beroperasi di Indonesia disambut baik oleh masyarakat. Ia menyebut respons tersebut terus meningkat setiap saatnya.

Hanya saja, dia tak merinci apakah kenaikan tarif Rp250 ribu itu akan berlaku rata di hari normal dan akhir pekan. Pasalnya, saat ini harga tiket Whoosh sudah mencapai Rp250 ribu untuk weekend.

PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) mengatakan tarif Whoosh menjadi Rp200 ribu pada hari kerja dan Rp250 ribu untuk perjalanan akhir pekan. Tarif ini sudah termasuk perjalanan KA Feeder gratis.

KA Feeder tersebut akan mengantarkan penumpang dari Stasiun Padalarang menuju Stasiun Bandung, begitupun sebaliknya.

KCIC menegaskan Whoosh adalah moda transportasi komersial. Oleh karena itu, pihaknya menerapkan strategi tarif dinamis alias dynamic pricing dalam penentuan tarifnya.

"Mengikuti demand penumpang, saat high season atau low season," ucap Direktur Utama KCIC Dwiyana Slamet Riyadi.

Pendekatan ini diklaim memungkinkan KCIC mengoptimalkan layanan, mengelola kapasitas secara efektif, dan mempertahankan standar layanan yang tinggi bagi penumpang.

Khusus untuk Desember 2023, KCIC menyediakan 40 perjalanan per hari pada Senin-Kamis. Lalu, 48 perjalanan per hari pada akhir pekan, yakni Jumat hingga Minggu. kbc10

Bagikan artikel ini: