Masuk Tahun Politik, Ini yang Harus Diwaspadai Investor Saham

Kamis, 7 Desember 2023 | 09:28 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Memasuki tahun politik di 2024, para investor pasar saham diminta tetap waspada. Pasalnya, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diperkirakan mengalami penurunan pada masa pemilu 2024.

Namun, Deputy Head of Research Sinarmas Sekuritas Ike Widiawati mengatakan, penurunan IHSG tidak akan terlalu dalam. Menurutnya, stabil atau tidaknya pelaksanaan pemilu akan mempengaruhi gerak indeks tahun depan.

Selain itu, kondisi fundamental ekonomi Indonesia juga akan sangat mempengaruhi pergerakan indeks.

"Asalkan kondisi politik itu bisa tetap stabil dan tidak banyak perubahan yang terlalu signifikan, pergerakan IHSG diharapkan walaupun terkoreksi-koreksi, itu tidak akan terlalu dalam," kata Ike dalam webinar 'Monthly Market Outlook', dikutip Kamis (7/12/2023).

Ike menjelaskan bahwa momentum untuk para investor menambah portofolio investasinya adalah saat IHSG mengalami koreksi. Hal ini dilakukan dengan membeli saham-saham di harga bawah.

Menurutnya, jika harga market turun justru itulah waktu yang tepat untuk para investor mengambil saham-saham yang kondisi fundamentalnya murah.

Senada dengan Ike, di saat yang sama, Head of Institunional Research Sinarmas Sekuritas, Isfhan Helmy, mengatakan bahwa konsumer dan telekomunikasi dalam sektor perbankan akan menjadi sangat penting dalam mendorong IHSG di tahun pemilu mendatang. kbc10

Bagikan artikel ini: