Jokowi Siap Bebaskan Visa Masuk RI untuk 20 Negara, Ada China

Jum'at, 8 Desember 2023 | 08:34 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Pemerintah berencana memberikan bebas visa masuk Indonesia kepada 20 negara baru, sebagai tambahan negara sebelumnya.

Dari 20 negara tersebut, termasuk China. Kemudian Australia, India, Korea Selatan, Amerika Serikat, Inggris, Prancis Jerman, Belanda, Jepang, Rusia, Taiwan, Selandia Baru, Italia, dan Spanyol. Kemudian, Persatuan Emirat Arab, Arab Saudi, Qatar dan beberapa negara timur tengah lainnya.

Daftar 20 negara itu telah diajukan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno atas imbauan dari Presiden Jokowi.

Sandiaga menjelaskan, negara-negara tersebut dipilih karena dua alasan. Pertama, karena jumlah wisatawan yang berkunjung ke Indonesia tinggi. Kedua, untuk wilayah Arab dan negara timur tengah alasannya karena berkaitan dengan sumbangsih kontribusi investasi dan ekonomi indonesia.

"Dalam satu bulan ini, Presiden menugaskan daftar negara yang akan diajukan untuk bebas kunjungan ini bisa disempurnakan, untuk mendapatkan persetujuan dan ditindaklanjuti dengan kebijakan yang akan memberikan bebas visa kunjungan beberapa negara yang akan kita prioritaskan," katanya usai rapat internal terkait dengan visa di Istana Negara, dikutip Kamis (7/12/2023).

Sebelumnya, Indonesia sudah memberikan kebijakan bebas visa on arrival pada 97 negara. Selain itu, ada juga 10 negara diberikan bebas visa kunjungan. kbc10

Bagikan artikel ini: