Minyak Dunia Anjlok, Akankah Diikuti Harga Pertalite?

Jum'at, 8 Desember 2023 | 17:14 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Harga minyak mentah dunia mengalami trend penurunan hingga berada dikisaran US$70 per barel. Meski begitu, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) belum akan menyesuaikan harga BBM Pertalite sebesar Rp 10.000 per liter.

"Kalau harga minyak di bawah US$60 per barel, baru bisa turun kaya dulu," ujar Arifin memberikan alasan di Jakarta, Jumat (8/12/2023).

Sayangnya Arifin enggan buka suara mengenai harga keekonomian dari pertalite yang berlaku sekarang. Dia hanya menyebut, patokan harga saat ini masih ada selisih dengan harga jual di pasar. "Iya, masih ada selisih," ujarnya.

Untuk diketahui, turunnya harga minyak dunia kemarin dipicu kekhawatiran investor tentang lesunya permintaan energi di Amerika Serikat dan China sementara produksi dari Amerika masih mendekati rekor tertinggi.

Pada akhir perdagangan Kamis (7/12), minyak mentah Brent turun 25 sen menjadi US$74,05 per barel sedangkan West Texas Intermediate (WTI) AS turun 4 sen menjadi US$69,34. Kedua benchmark tersebut mencatatkan harga terendah sejak akhir Juni.

Harga bulan depan untuk Brent mulai diperdagangkan pada minggu ini dengan potongan harga dalam setengah tahun untuk pertama kalinya sejak bulan Juni, sebuah sinyal bahwa para pedagang percaya bahwa pasar mungkin telah mengalami kelebihan pasokan. kbc11

Bagikan artikel ini: