Lindungi Integritas Pemilu, TikTok Lakukan Kampanye #SalingJaga

Senin, 18 Desember 2023 | 19:07 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Platform distribusi video singkat terdepan, TikTok, kembali melanjutkan inisiatif proaktif di bawah kampanye #SalingJaga untuk melindungi integritas pemilu dan melawan misinformasi.

Kali ini, TikTok meluncurkan sebuah video panduan kreatif untuk mengedukasi pengguna dan masyakat umum tentang cara #SalingJaga dari bahaya misinformasi di platform digital. Video ini, beserta rangkaian inisiatif lainnya, juga bertujuan untuk mengingatkan masyarakat luas agar terus #SalingJaga saat mengekspresikan diri, berbagi sudut pandang, dan menjadi bagian dari percakapan yang lebih luas khususnya menjelang Pesta Demokrasi di tahun 2024 mendatang.

"Derasnya arus informasi yang bergulir setiap hari tidak jarang membuat warganet kewalahan saat mengolah informasi yang ada, termasuk untuk mengonfirmasi kredibilitas dari informasi yang ditemukan di platform digital dan media sosial. Karenanya, kami ingin membantu masyarakat untuk tidak hanya bersiap menghadapi, tapi juga memahami cara melawan misinformasi di ranah digital," ungkap Public Policy and Government Relations, TikTok Indonesia, Faris Mufid.

Dalam video #SalingJaga ini, TikTok menggandeng figur publik dan kreator dari berbagai latar belakang profesi dan generasi yaitu Angga Yunanda, Merry Riana, Sania Leonardo, serta Dims The Meat Guy.

"Kemajuan teknologi membantu semua kalangan, termasuk generasi muda untuk semakin berani menyuarakan pendapatnya. Namun, kemudahan ini perlu diiringi dengan rasa tanggung jawab yang besar. Kita semua harus terus melaksanakan peran kita untuk #SalingJaga, misalnya dengan menerapkan kebiasaan cek fakta sebelum membagikan sebuah cuplikan video tanpa tahu keseluruhan konteks dan kebenarannya," jelas Entrepreneur, Investor, dan Content Creator Merry Riana.

Konten video singkat juga tidak luput dari potensi misinformasi dan kreator konten pun juga perlu memainkan perannya untuk berbagi informasi yang kredibel dan tepercaya, apa pun jenis kategori konten yang diusung.

"Sering kali, kita hanya melihat potongan video atau kutipan yang sengaja diunggah supaya mengarah ke konteks tertentu, yang bisa jadi jauh dari kejadian sebenarnya, atau justru narasi dari satu pihak saja. Sebelum membagikan suatu konten atau informasi yang kamu lihat di platform digital, cari tahu dulu kebenarannya supaya kita bisa #SalingJaga sesama kita dari dampak misinformasi," kata Kreator TikTok, Dimas Ramadhan (Dims The Meat Guy).

Di bawah kampanye #SalingJaga, TikTok telah meluncurkan serangkaian upaya proaktif untuk menegaskan komitmennya dalam menjaga integritas Pemilu dan melawan penyebaran misinformasi. Komitmen ini diwujudkan melalui kerja sama dengan Rekata Studio dalam film "Budi Pekerti" meluncurkan "Pusat Panduan Pemilu 2024" yang didukung oleh KPU RI dan BAWASLU RI pada laman khusus di platform TikTok bekerja sama dengan mitra cek fakta independen, yakni AFP, MAFINDO dan Perludem.kbc4

Bagikan artikel ini: