Menhub Sesumbar Naik Kereta Cepat Jakarta-Surabaya Cuma 2 Jam

Rabu, 20 Desember 2023 | 19:31 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyebut, proyek pembangunan kereta cepat Jakarta-Surabaya dapat lebih mudah dan harganya akan lebih ekonomis ketimbang Kereta Cepat Jakarta-Bandung atau Whoosh. Kementerian Perhubungan pun tengah mengkaji perpanjangan rute Kereta Cepat Whoosh sampai Surabaya.

"Surabaya ini akan lebih mudah karena kita sudah mengalami susah mudahnya membangun, mendesain, pembebasan tanah memasang, mengoperasikan sampai dengan mengkomunikasikan kepada Masyarakat sehingga selanjutnya bisa kita lakukan," ujar Budi di Jakarta, Rabu (20/12/2023).

Budi optimistis meski saat ini terdapat keterbatasan APBN, rencana pembangunan kereta cepat hingga Surabaya dapat terealisasi. Budi menuturkan pembiayaan kreatif akan terus diupayakan. "Dengan keterbatasan APBN kita bisa lakukan dengan creative financing. Sehingga ada investor yang menghubungkan dari Jakarta ke Surabaya," terang Budi.

Budi menambahkan, jika jalur kereta cepat semakin panjang maka akan semakin ekonomis bagi masyarakat. Dia menuturkan, waktu tempuh untuk mencapai Surabaya dari Jakarta sepanjang 900 kilometer dapat dilalui hanya sekitar dua jam. "Jadinya ini akan kompetitif dibandingkan dengan menggunakan pesawat," ujar Budi.

Untuk itu, Budi menekankan konsep pembiayaan kreatif akan terus didorong. Dengan begitu, pembiayaan untuk pembangunan infrastruktur tidak hanya mengandalkan APBN saja.

"Nanti kami bersama-sama yang memprakarsai melakukan desain engineering lalu kita melakukan tender dan mereka yang terbaik yang akan menjadi pemenang," pungkas Budi. kbc11

Bagikan artikel ini: