Nilai Ekspor Indonesia 2023 Turun, Ini Biangnya

Kamis, 21 Desember 2023 | 06:25 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Kementerian Perdagangan (Kemendag) mencatat nilai ekspor dalam negeri pada periode Januari-Oktober 2023 mengalami penurunan.

"Memang secara nilai, kalau angka dari Badan Pusat Statistik (BPS) nilai ekspor kita tahun ini Januari-Oktober turun cukup signifikan. Jadi, hanya US$ 224 miliar. Non-migas-nya US$ 233 miliar," kata Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kemendag Didi Sumedi dalam acara Closing Ceremony Trade Expo Indonesia ke-38 tahun 2023, di Gedung Auditorium Kemendag, Rabu (20/12/2023).

Didi menjelaskan, nilai ekspor yang turun ini dipengaruhi oleh harga-harga beberapa komoditas yang ikut mengalami penurunan. Untuk itu, dia pesimistis nilai ekspor tahun ini bisa mencapai atau melampaui nilai ekspor tahun lalu.

Kemudian, adanya pengaruh tekanan nilai rupiah yang cukup kuat. Dia melihat adanya tren rupiah terus mengalami pelemahan sepanjang Januari-Oktober 2023.

"Terus juga tekanan rupiah ini cukup mempengaruhi yang tahun ini. Kalau kita lihat dari tren Januari-Oktober itu rupiah itu melemah terus. Sehingga kita analogikan kalau tahun lalu kita bisa jual 1 unit itu 1 dolar misalnya, tahun ini sepanjang Januari-Oktober itu tidak sampai 1 dolar kita bisa jual, mungkin hanya 0,8 dolar. Jadi, itu yang membuat nilai ekspor secara kumulatifnya turun," jelasnya.

Meski demikian, Didi menyebut volume ekspor pada periode yang sama mengalami kenaikan. Tahun lalu, volume ekspornya sebesar 534 juta ton, sedangkan tahun ini mencapai 579 ton. Secara akumulatif, Didi menghitung kenaikannya mencapai 7%.

Untuk itu, dia akan melakukan sejumlah strategi untuk menggenjot ekspor secara volumenya. Di antaranya, memperbaiki kualitas menjadi lebih baik, memperbarui teknologi, hingga kemasan yang lebih bagus.

"Sehingga kualitas dan packaging yang baik itu akan dari sisi harga bisa lebih bargaining power kita lebih kuat. Artinya kalau dengan tekanan rupiah yang semakin kuat misalnya kita bisa bertahan menjual dengan harga yang tetap itu sangat baik. Jadi upaya-upaya itu yg perlu kita lakukan," imbuhnya. kbc10

Bagikan artikel ini: