Subsidi Kendaraan Listrik Diusulkan Dialihkan untuk Angkutan Umum

Jum'at, 29 Desember 2023 | 07:29 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) menyarankan agar subsidi kendaraan listrik dialihkan untuk melakukan elektrifikasi angkutan umum. Mulai dari bus besar, kecil, hingga ke mini bus.

Ketua Umum MTI Tory Damantoro menuturkan, sejauh ini untuk pengadaan bus di 5 kota metropolitan bila dihitung-hitung butuh sekitar 200-an armada. Bila hal itu dilakukan elektrifikasi angkutan umum cuma butuh sekitar Rp 2,3 triliun.

"Pemerintah kan siapkan sekitar Rp 2 triliun untuk subsidi kendaraan listrik. Kalau kita merunut pada rencana pemerintah untuk bangun angkutan umum di 5 kota metropolitan, catatan terakhir MTI butuh 200-an bus listrik, nah kalau semua pakai bus listrik, maka butuh Rp 2,3 triliun saja," kata Tory seperti dikutip, Kamis (28/12/2023).

Ketua Forum Transportasi Lingkungan dan Energi MTI, Indira Darmoyono menambahkan, pihaknya memang tak menyarankan subsidi kendaraan listrik diarahkan ke kendaraan pribadi. Alasannya, selama ini kemacetan masih terjadi pada kota-kota besar di Indonesia.

Menurutnya, bila makin banyak kendaraan pribadi, meskipun itu kendaraan listrik yang ramah lingkungan, kemacetan mungkin akan terjadi.

Yang seharusnya dilakukan adalah mengajak masyarakat untuk mau menggunakan transportasi umum. Maka dari itu, subsidi kendaraan listrik lebih baik diarahkan ke transportasi umum.

"Kalau tingkat penggunaan pribadi tinggi (termasuk kendaraan listrik) itu akan tetap membuat kemacetan, yang benar adalah memindahkan masyarakat ke transportasi umum," sebut Indira. kbc10

Bagikan artikel ini: