PLN UIP JBTB Rampungkan Pembangunan 17 Infrastruktur Ketenagalistrikan Senilai Rp 2,485 Triliun

Selasa, 2 Januari 2024 | 14:42 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Upaya PLN dalam peningkatan keandalan kelistrikan senantiasa berdampak untuk masyarakat secara luas. PLN Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Timur dan Bali (PLN UIP JBTB) berhasil rampungkan 17 pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan yang tersebar di Wilayah Jawa Tengah, Jawa Timur dan Bali.

Sebanyak 17 Proyek Strategis Nasional (PSN) yang terdiri dari 6 jalur transmisi dan 11 Gardu Induk (GI), dengan nilai investasi total sebesar Rp 2,485 triliun rupiah selesai dibangun di akhir tahun 2023 dengan zero accident. Selaras dengan peningkatan keandalan kelistrikan, dalam pengerjaan pembangunan, rata-rata nilai realisasi Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) dalam tahun 2023 mencapai 78,64 % melebihi dari yang ditargetkan yaitu sebesar 68,10 %.

Tingginya realisasi TKDN ini menunjukkan komitmen PLN dalam meningkatkan porsi industri lokal untuk berperan bersama dalam penyelesaian pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan yang akan memperkuat keandalan sistem kelistrikan di Pulau Jawa dan Bali serta untuk meningkatkan perekonomian nasional.

Keberhasilan penyelesaian pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan ini juga tidak terlepas dari keberhasilan dalam pembebasan lahan untuk pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan. Pembebasan lahan yang berhasil dilakukan di tahun 2023 adalah seluas 2,1312 Ha melampaui pembebasan lahan yang ditargetkan yaitu seluas 1,5225 Ha.

Di sisi lain, PLN UIP JBTB juga terus berupaya dalam pengamanan aset negara. Terbukti dalam tahun 2023 ini, PLN UIP JBTB bersinergi dengan BPN berhasil merampungkan penerbitan sertipikat tanah dan dokumen legal lain mencapai sebanyak 178 persil tanah melampaui dari yang ditargetkan, yaitu 145 persil tanah.

Keberhasilan yang dicapai PLN Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Timur dan Bali (PLN UIP JBTB) dalam tahun 2023 ini tidak cukup hanya dalam hal tersebut di atas saja namun prestasi juga dicapai di bidang kepatuhan, lingkungan, K3 hingga TJSL dengan meraih 8 (delapan) penghargaan.

Direktur Manajemen Proyek dan Energi Baru Terbarukan PLN, Wiluyo Kusdwiharto memberikan apresiasi atas keberhasilan PLN UIP JBTB yang mampu menyelesaikan 17 Proyek Strategis Nasional dan prestasi atas penghargaan – penghargaan yang diraih pada tahun 2023.

Ia menegaskan, PLN UIP JBTB telah menunjukkan komitmennya dalam meningkatkan keandalan sistem melalui selesainya pembangunan 17 PSN dan dedikasinya kepada masyarakat dan lingkungan dengan banyaknya penghargaan yang diterima.

"Hal ini sesuai dengan budaya PLN dan semangat PLN dalam melayani negeri melalui perkuatan keandalan sistem kelistrikan dan sebagai bentuk tanggung jawab terhadap sosial dan lingkungan," lanjut Wiluyo.

General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Timur dan Bali, Anang Yahmadi, mengungkapkan keberhasilan pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan tidak lepas dari sinergitas yang baik antara PLN dengan seluruh stakeholder terkait, dimana keberhasilan ini akan semakin memperkuat sistem kelistrikan di Pulau Jawa dan Bali yang tentunya akan sangat bermanfaat bagi masyarakat.

"Terbukti 17 PSN berhasil diselesaikan dengan tepat waktu dan zero accident yang tentunya diraih berkat kerjasama banyak pihak dan kedisiplinan dalam menerapkan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3)," ujar Anang.

Selain itu PLN juga menunjukkan perhatiannya kepada masyarakat melalui Pemberian Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) yang dikenal dengan Program PLN Peduli, yang diberikan untuk membantu masyarakat di sekitar senilai Rp 2,24 miliar rupiah.

"Sinergitas tinggi antara PLN dan Stakeholder dengan memperhatikan dan membantu masyarakat di sekitar pembangunan yang dapat menggerakkan roda perekonomian, secara luas melalui kelistrikan dan juga melalui program PLN Peduli tentunya ini menunjukkan nilai dari transformasi PLN," pungkas Anang.kbc6

Bagikan artikel ini: