Kabupaten Jember Sabet Anugerah PWI Pusat Kategori Kebudayaan

Jum'at, 5 Januari 2024 | 04:13 WIB ET

JEMBER, kabarbisnis.com: Kabupaten Jember di bawah kepemimpinan Bupati Hendy Siswanto dinyatakan sebagai pemenang dalam kategori kebudayaan dalam ajang Anugerah PWI Pusat. Ini setelah Bupati Hendy menyampaikan presentasi terkait wisata budaya Kabupaten Jember di kantor PWI Pusat di Jakarta, Kamis (4/1/2024).

Presentasi tersebut merupakan rangkaian dari Anugerah PWI 2024 dalam rangka Hari Pers Nasional (HPN).

Di depan Ketua PWI Pusat Hendry CH Bangun dan para dewan juri, Hendy mempresentasikan materi terkait dengan kebudayaan Kabupaten Jember. "Pakaian yang kami kenakan ini adalah kekuatan budaya dari Jember, yakni budaya Pandhalungan," katanya dalam keterangan tertulis.

Kabupaten Jember memiliki beragam budaya yang khas. Yakni perpaduan suku Jawa dan Madura. Selain itu, budaya Kabupaten Jember juga dikemas dengan baik dalam perhelatan Jember Fashion Carnaval (JFC). Selama 21 tahun JFC digelar, ada banyak dampak yang dirasakan warga, terutama dampak perekonomian.

Banyak wisatawan asing hingga wisatawan domestik datang ke Jember untuk menonton event JFC. Bahkan, JFC tercatat menjadi salah satu di antara tiga festival terbesar di dunia, setelah Brazil dam Amerika Serikat. JFC menjadi ikon dari Kabupaten Jember, sehingga selain kota tembakau dan kota santri, juga dikenal dengan kota fashion.

Berkat JFC ini, Kabupaten Jember terpilih menjadi pemenang kategori Kebudayaan dalam Anugerah PWI dalam rangka Hari Pers Nasional (HPN) 2024. Penghargaan tersebut bakal diterima bupati pada 9 Februari 2024 mendatang.kbc6

Bagikan artikel ini: