Jumlah Penumpang Pesawat di Bandara AP II Capai 4,2 Juta di Libur Nataru

Senin, 8 Januari 2024 | 08:59 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: PT Angkasa Pura II (Persero) atau AP II mencatat jumlah penumpang pesawat selama periode Angkutan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023/2024 tembus 4,2 juta orang. Jumlah ini melampaui target yang ditetapkan sebesar 4,04 juta orang.

VP of Corporate Communications AP II Cin Asmoro mengatakan, realisasi penumpang pesawat periode Nataru 2023/2024 di bandara-bandara kelolaan AP II telah meningkat 12% dibandingkan periode Nataru tahun sebelumnya sebanyak 3,74 juta penumpang.

"Jumlah penumpang melebihi proyeksi atau target kami," ujar Asmoro dikutip dari keterangan resmi, Senin (8/1/2024).

Selain jumlah penumpang yang meningkat, Asmoro menyebut bahwa secara kumulatif jumlah penerbangan di bandara-bandara AP II juga meningkat 3% dibandingkan periode Nataru 2022/2023. Dari sebelumnya 29.604 penerbangan menjadi 30.573 penerbangan.

Dia menjelaskan, sejumlah maskapai telah mengoperasikan penerbangan tambahan atau extra flight di bandara-bandara AP II selama periode Nataru. Adapun, total extra flight yang dioperasikan oleh maskapai di bandara-bandara AP II, kata Asmoro, mencapai 1.443 penerbangan.

Lebih lanjut, Asmoro menjelaskan ihwal ketepatan waktu penerbangan atau on time performance (OTP) rata-rata mencapai 80%. Dia mengeklaim tingkat OTP tersebut cukup baik di tengah tingginya pergerakan saat periode Nataru.

Adapun, capaian ketepatan waktu penerbangan tersebut didorong oleh kelancaran pengaturan pergerakan pesawat di sisi udara bandara.

"Meskipun kesibukan lalu lintas penerbangan meningkat, bandara AP II bersama maskapai dapat menjaga tingkat OTP. Pencapaian OTP ini berkat kolaborasi yang baik dari seluruh stakeholder dalam memberikan pelayanan untuk memastikan kelancaran alur keberangkatan serta kedatangan penumpang," jelasnya. kbc10

Bagikan artikel ini: