Bagi-bagi 500 Ribu Rice Cooker Gratis Ditarget Rampung Sebelum Pemilu

Jum'at, 19 Januari 2024 | 10:09 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Direktorat Jenderal (Ditjen) Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya MIneral (ESDM) menargetkan penyaluran program Alat Memasak Berbasis Listrik (AML) berupa rice cooker gratis kepada masyarakat sebanyak 500.000 unit bisa rampung sebelum Pemilu atau tepatnya di akhir Januari 2024.

Saat ini, penyalurannya baru mencapai 342.621 rumah tangga atau hanya 68,5 persen dari target 500.000 unit tersebut.

"Kita lagi siapkan dalam posisi pengiriman, kita berharap di akhir Januari sudah selesai dan sudah diterima oleh saudara-saudara kita yang kita sudah tetapkan," kata Direktur Jenderal (Dirjen) Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Jisman P Hutajulu seperti dikutip, Jumat (19/1/2024).

Diakui Jisman, usai pengiriman rice cooker gratis ini rampung, maka pihaknya akan mengevaluasi dampak dari kebijakan tersebut. Katanya, evaluasi itu terkait dengan respon masyarakat, hingga penggunaan energi listrik di rumah tangga yang telah dibagikan rice cooker gratis ini.

"Nanti akan ada evaluasi, kita lagi menyiapkan, bagaimana masyarakat merespon pemberian ini. Ini kan pemberian berdasarkan idpelnya kWh meternya tercatat (maka) nanti akan terlihat rekeningnya penggunaan energi listriknya naik atau tidak," terangnya.

Setelah itu, lanjut Jisman, nanti dikonversi ke pengurangan memasaknya. Kemudian akan disetarakan lagi dengan penggunaan energi melalui LPG.

"Dari situlah kita dapatkan apakah program ini sukses atau tidak. Jadi (memang) masih memerlukan waktu," pungkasnya. kbc10

Bagikan artikel ini: