Motor Listrik Honda EM1 e: Resmi Mengaspal di Jatim, Segini Harganya Usai Dapat Subsidi

Rabu, 24 Januari 2024 | 20:42 WIB ET
foto: kabarbisnis/dio
foto: kabarbisnis/dio

SURABAYA, kabarbisnis.com: Setelah PT. Astra Honda Motor (AHM) resmi mengumumkan harga sepeda motor listrik Honda EM1 e: sekaligus memperkenalkan pilihan terbaru Honda EM1 e: PLUS, kali ini PT. Mitra Pinasthika Mulia (MPM Honda Jatim) selaku distributor sepeda motor Honda wilayah Jatim & NTT juga resmi memperkenalkan moda transportasi berkelanjutan yang ramah lingkungan di Indonesia kepada masyarakat Jawa Timur.

"Hari ini, resmi kami perkenalkan Honda EM1 e: dan Honda EM1 e: PLUS moda transportasi ramah lingkungan yang dinantikan oleh masyakarat Jawa Timur. Memasuki era elektrifikasi, dengan kehadiran Honda EM1 e: sebagai pilihan kendaraan elektrifikasi roda dua yang tepat untuk kehidupan sehari-hari," kata Suwito M, Presiden Direktur MPM Honda Jatim pada pengenalan Honda EM1 e: dan Honda EM1 e: PLUS kepada media di MPM Motor Simpang Dukuh Surabaya, Rabu (24/1/2024).

Dijelaskannya, seiring dengan mulai diliriknya kendaraan ramah lingkungan oleh masyarakat, plus dukungan pemerintah melalui subsidi dan insentif pajak, pihaknya optimis Honda EM1 e: dan Honda EM1 e: PLUS bisa diterima konsumen.

"Sejak dikenalkan secara nasional, hingga saat ini kami sudah menerima minat dari konsumen sebanyak 100 unit di Jawa Timur. Makanya kami optimis bisa menjual Honda EM1 e: dan Honda EM1 e: PLUS sebanyak 40-50 unit per bulan di pasar Jatim di tahun ini," ujar Suwito didampingi Dendy Sean selaku Direktur MPM Honda Jatim serta Marketing Sales & Distribution Division Head MPM Honda Jatim, Mac Aguste.

Ditambahkannya, pasar motor listrik di Jatim sendiri terus mengalami peningkatan seiring dengan hadirnya sejumlah pemain. Jika pada tahun 2022 ada sebanyak 412 unit motor listrik terjual, pada 2023 sampai dengan November pasarnya naik menjadi 1.632 unit.

"Sebagai pemain baru, kami tak muluk-muluk. Namun ke depan kami optimistis bisa menyerap pasar sekitar 25-30 persen market motor listrik," tandas Suwito.

Hal itu selain didasari oleh brand yang sudah kuat, juga kualitas produk serta fitur-fitur yang dihadirkan. Plus jaringan distribusi dan layanan purna jual yang luas. "Saat ini masih ada 7 diler yang melayani penjualan dan servis motor listrik Honda di Jatim. Namun pada kuartal I tahun ini ditargetkan bisa bertambah menjadi 177 diler, dan pada kuartal II menjadi 193 diler," jelasnya.

Untuk diketahui, Honda EM1 e: dan Honda EM1 e: PLUS memiliki performa yang halus dan responsif layaknya sensasi menggunakan sepeda motor konvensional yang dihasilkan oleh motor penggerak dengan tenaga maksimal 1,7 kW. Dukungan baterai MPP e: yang dapat dilepas-pasang (detachable) turut memberikan kemudahan konsumen.

Dalam melakukan pengisian daya baterai, konsumen dapat melakukan pengisian daya dengan Honda Power Pack Charger e: dengan waktu pengisian daya 2,7 jam (160 menit) untuk 25%-75% dan 6 jam untuk 0%-100%. Baterai MPP e: memiliki perlindungan IP65 yang membuat baterai ini tahan dari debu dan siraman air dari segala arah, serta memiliki standarisasi internasional UNR 136 sehingga memastikan jaminan kualitas dan keamanan baterai MPP e:.

Honda EM1 e: telah dilengkapi dengan teknologi lampu LED di semua titik pencahayaan. Dalam mendukung mobilitas penggunaannya, sepeda motor listrik berdesain modern-compact ini juga dilengkapi dengan Inner Rack dan USB charger type A. Informasi penggunaan sepeda motor listrik ini telah didukung dengan digital panel meter yang dapat menunjukan kecepatan, jarak, jam, trip meter, pilihan mode daya (Standar dan hemat/ECON) serta indikator baterai.

Pada bagian ruang kaki semakin nyaman dengan desain pijakan yang datar dan luas. Sepeda motor listrik ini juga memiliki jok yang dapat digunakan secara pribadi maupun berboncengan dan memiliki tinggi dari permukaan tanah 135mm. Pada sisi pengereman juga telah dilengkapi dengan cakram depan berukuran 190mm dan drum brake pada sisi belakang yang terkoneksi dengan Combi Brake System (CBS) untuk memperhalus pengereman. Sementara itu, ban depan berukuran 90/90 dengan velg 12 Inci dan ban belakang berukuran 100/90 dengan velg 10 Inci.

Honda EM1 e: hadir dengan tiga pilihan warna yakni Innovative White, Intelligent Matte Black dan Smart Red. Sementara itu, Honda EM1 e: PLUS hadir dengan pilihan warna Excellent Matte Silver.

Honda EM1 e: PLUS dilengkapi dengan rear carrier untuk memudahkan konsumen membawa barang tambahan, tanpa mengurangi kenyamanan saat boncengan, model ini juga dibalut dengan warna spesial yaitu Excellent Matte Silver. 

Model ini dipasarkan MPM Honda Jatim dengan harga Rp 46.166.000 untuk Honda EM1 e: dengan Charge dan Rp 46.666.000 untuk Honda EM1 e: PLUS dengan Charge. Harga tersebut belum dikurangi subsidi sebesar Rp 7 juta per unit oleh pemerintah.

Guna memperkenalkan motor tersebut ke masyarakat, MPM Honda Jatim juga memajang Honda juga menghadirkan exhibition di Royal Plaza Surabaya pada 22-28 Januari 2024. Berbagai kegiatan serta penawaran menarik selama kegiatan exhibition berlangsung seperti Sales Exhibition yakni pengunjung yang melakukan pembelian selama kegiatan berlangsung akan mendapatkan voucher discount senilai Rp 1 juta dan tambahan Rp 1 juta  berupa Astrapay. Untuk menghibur pengunjung pada gelaran ini MPM Honda Jatim menghadirkan talkshow Influencer, Kpop dance Competition dan hiburan music serta hadirnya komunitas Honda. 

Selain itu juga MPM Honda Jatim memberikan program testride berhadiah dimana pengunjung yang hadir dapat merasakan sensasi berkendara dengan motor listrik sensasi berkendara sepeda motor listrik yang berbeda dengan berbagai keunggulan di segi desain yang compact dan modern, performa mumpuni, serta nyaman digunakan berkendara yang dihadirkan di indoor mall maupun di outdoor. kbc7

Bagikan artikel ini: