Ini Dia Sosok Pendiri Friendster, Media Sosial Lawas yang Bakal Hadir Lagi

Selasa, 30 Januari 2024 | 17:13 WIB ET
Jonathan Abrams
Jonathan Abrams

JAKARTA, kabarbisnis.com: Platform media sosial yang populer di awal tahun 2000-an Friendster dikabarkan bakal kembali hadir untuk diakses masyarakat. Hal ini terlihat dari laman resminya yang sudah dapat diakses kembali.

Diketahui, Friendster ini pertama kali diperkenalkan di publik pada Maret 2003 oleh programmer kelahiran Kanada, Jonathan Abrams.

Mengutip dari laman LinkedIn-nya, saat ini pria ini bekerja sebagai seorang insinyur, wirausahawan, dan investor, yang menghabiskan kariernya sebagai penasihat dan mentor bagi wirausahawan lain, serta membangun teknologi untuk menghubungkan orang-orang.

Diketahui, Jonathan memulai karirnya pada 1996 sebagai senior software engineer di Netscape. Kemudian, diapun berpindah pekeriaan menjadi senior director of engineering pada 2001 di Bitfone, perusahaan infrastruktur perangkat lunak internet.

Tidak sampai setahun menjabat, Jonathan membuat Friendster, media sosial yang membuatnya melejit. 

Namun, Jonathan bekerja di Friendster hanya sekitar 4 tahun hingga 2005, karena pada tahun tersebut ia kembali membuat perusahaan baru Socializr, sebuah website yang membantu orang dalam membuat pesta dan membagikan informasi tentang pesta.

Namun, Abraham juga hanya menghabiskan sejumlah waktunya di sana, karena dia kembali berpindah tugas sebagai penasihat di lembaga pendidikan nonprofit CodeNow pada 2012-2017.

Lalu, Jonathan sempat menjadi angel investor di lebih dari 50 startup Amerika, seperti AngelList, ClearTax, CoinList, Docker, Front, HelloSign, Instacart, Mixmax, Pachyderm, Republic, SafeGraph, Sense, Shortcut, Slideshare, Stream, and Zeplin.

Pada 2011, Jonathan menjadi co-founder dari Founders Den, perusahaan workspace dan komunitas startup di San Fransisco. Kemudian di tahun 2012, dia juga mendirikan Nuzzel Inc, perusahaan layanan pencarian berita yang digunakan sejumlah media ternama di Amerika Serikat.

Jonathan sempat menjadi anggota dewan di Girls in Tech, dan pernah menjadi mentor di kelas kewirausahaan Steve Blank di Stanford dan Berkeley, mentor peringkat teratas di Techstars dan The Founder Institute, penasihat AngelList dan CodeNow.

Selain itu, Jonathan juga merupakan anggota dewan penasihat dari Silicon Valley Association of Startup Entrepreneurs, salah satu ketua SDForum Venture Finance SIG, dan juri kontes rencana bisnis Stanford Entrepreneur's Challenge, UC Berkeley Business Plan Competition, dan Stanford-Berkeley Innovators' Challenge. kbc10

Bagikan artikel ini: