Duh! Tingkat Kecanduan Orang RI Main Ponsel Terparah di Dunia

Senin, 5 Februari 2024 | 05:29 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Survei menunjukkan bahwa warga Indonesia memiliki tingkat kecanduan paling parah di dunia dalam bermain telepon seluler (ponsel). Hal tersebut diketahui berdasarkan State of Mobile 2024 yang dirilis oleh Data.ai.

Dalam laporan itu, warga Indonesia menjadi pengguna yang paling lama menghabiskan waktu dengan perangkat mobile seperti ponsel dan tablet pada 2023, yaitu 6,05 jam setiap hari.

Warga RI merupakan satu-satunya masyarakat yang menghabiskan waktu di ponsel lebih dari 6 jam tiap hari. Pada posisi kedua, warga Thailand menghabiskan 5,64 jam per hari. Argentina ada di posisi ketiga yaitu 5,33 jam per hari.

Kecanduan ponsel orang Indonesia sebetulnya tidak separah pada 2022. Pada 2022, warga RI menghabiskan waktu hingga 6,14 jam per hari menatap layar HP dan tablet.

Indonesia juga menempati salah satu posisi teratas dalam hal download aplikasi. Data.AI menempatkan warga RI di posisi ke-5 dalam hal download aplikasi. Sepanjang 2023, warga RI sekitar 7,56 miliar kali melakukan download aplikasi.

Dalam hal download, warga China tidak ada saingan. Hanya dalam setahun, warga China 113,41 miliar kali mendownload aplikasi.

Meskipun nomor satu dalam penggunaan ponsel, ternyata warga RI bukan nomor satu dalam hal penggunaan aplikasi mobile. Warga RI "hanya" menghabiskan 415 miliar jam sepanjang 2023 di aplikasi mobile sehingga ada di posisi ketiga.

Warga yang paling banyak menghabiskan waktu di aplikasi mobile adalah India. Warga India menghabiskan waktu 1,19 triliun jam menggunakan aplikasi mobile. kbc10

Bagikan artikel ini: