Lego Saham Amazon, Jeff Bezos Siap Salip Kekayaan Elon Musk

Minggu, 18 Februari 2024 | 06:24 WIB ET
Jeff Bezos
Jeff Bezos

JAKARTA, kabarbisnis.com: Bukan hanya bersaing dalam kecanggihan teknologi dalam produknya, pertarungan untuk mendapatkan gelar orang terkaya di dunia juga kian sengit saja. Selain bertarung dengan Bernard Arnault, posisi Elon Musk juga kini terancam direbut pendiri Amazon, Jeff Bezos dalam daftar orang terkaya di dunia.

Melansir Quartz, baru-baru ini, Bezos dikabarkan telah menjual saham Amazon senilai lebih dari US$2 miliar atau hampir 12 juta saham, tepatnya pada 7 Februari dan 8 Februari 2024, menurut pengajuan ke Komisi Sekuritas dan Bursa AS.

Adapun, dalam pengajuan lain ke regulator menunjukkan bahwa dia berencana menjual lebih banyak sahamnya. Bezos mengusulkan penjualan 50 juta saham Amazon ppada 7 Februari, atau bernilai sekitar US$8,4 miliar, setara dengan Rp131,27 triliun.

Penjualan saham tersebut dapat meningkatkan kekayaan bersih Bezos, memungkinkan dia untuk merebut kembali posisinya sebagai orang terkaya di dunia dari CEO Tesla Elon Musk.

Posisi Terkini Bezos saat ini menduduki di posisi orang terkaya kedua di dunia berdasarkan Indeks Miliarder Bloomberg, dengan perkiraan kekayaan bersih US$200 miliar. Dia tertinggal US$9 miliar dari Musk, yang saat ini menduduki peringkat teratas dengan US$209 miliar.

Namun, berbeda dengan data Forbes, kekayaan Jeff Bezos saat ini mencapai US$193,9 miliar, hanya selisih US$4,6 miliar dari kekayaan Elon Musk sebesar US$198,5 miliar.

Kekayaan bersih Musk, yang berkaitan dengan saham Tesla, merosot dalam beberapa pekan terakhir. Saham pembuat kendaraan listrik ini anjlok 24% hanya dalam dua bulan pertama tahun ini, menjadikannya perusahaan dengan kinerja terburuk di S&P 500.

Kekayaan Musk juga kembali terpukul awal tahun ini ketika seorang hakim membatalkan paket kompensasi eksekutif senilai US$56 miliar yang bersejarah, dan menyatakan hal itu tidak adil bagi pemegang saham. Perkembangan tersebut telah berdampak pada klaim Musk sebagai orang terkaya di dunia.

Pada daftar orang terkaya di dunia Forbes, Musk pertama kali kehilangan posisi pertama tahun ini dari konglomerat brand mewah LVMH, Bernard Arnault, tepatnya pada akhir Januari.

Keduanya sejak itu memperebutkan posisi teratas dalam daftar Forbes. Forbes, yang menghitung perkiraan kekayaan bersih secara berbeda dari Bloomberg, menempatkan Arnault dan keluarganya di peringkat pertama, dengan kekayaan bersih US$220 miliar. kbc10

Bagikan artikel ini: