Akhir Bulan Ini, Kejuaraan Berkuda Surabaya Jumping Master Siap Digelar

Senin, 19 Februari 2024 | 20:23 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Kejuaraan Berkuda Surabaya Jumping Master akan kembali digelar pada tahun 2024 ini. Even bertajuk Surabaya Jumping Master 2024 ini bakal berlangsung di venue Kenpark Equestrian Complex Surabaya, Jawa Timur.

Kejuaran ini akan digelar dalam 2 putaran, yakni putaran pertama pada 29 Februari - 3 Maret 2024, dan putaran kedua pada 25-28 April 2024.

Director of Event Bagus Indra Prasetya mengatakan, Surabaya Jumping Master 2024 adalah gelaran ke-3 yang sudah dilaksanakan sejak 2022 dengan tujuan untuk lebih mempopulerkan kegiatan berkuda Equestrian, khususnya show jumping atau lompat rintangan.

Selain itu juga untuk meningkatkan dan memeratakan kualitas atlet, kuda, dan klub equestrian di seluruh Indonesia.

"Olahraga berkuda khususnya cabang Equestrian selama ini populer di Jakarta dan Jawa Barat. Dengan event ini kami berharap nantinya bisa lebih populer khususnya di Jawa Timur," katanya di Surabaya, Senin (19/2/2024).

Saat ini, kata Bagus, jumlah klub yang telah mendaftar tercatat 21 klub dengan jumlah 124 ekor kuda. Para atlet berkuda berasal dari Jakarta, Bandung, Yogya, Jawa Tenggah, Bali, Sumatera Utara dan Jawa Timur.

Untuk kelas yang dipertandingkan mulai dari kelas Junior Rider (U-16) hingga kelas Open. Kelas lompatan mulai 50 cm hingga 125 cm.

Terkait pelaksanaan acara, Bagus menyebut, masyarakat Surabaya dan sekitarnya yang akan melihat langsung momen tersebut hanya akan dikenai biaya masuk Kenpark. "Tapi ada pilihan tiket, mau sekali nonton atau tiket terusan selama 4 hari. Nanti ada pintu khusus yang langsung ke arena," ungkap Bagus.

Dia optimis even tersebut akan mendapat banyak sambutan dari masyarakat, mengingat minat masyarakat terhadap olahraga berkuda khususnya equestrian di Jawa Timur terus meningkat dalam beberapa tahun terakhir.

"Kami komunitas equestrian di Jawa Timur khususnya Surabaya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Brigjen TNI (Purn) Ivan AR Titus, selaku President of Event Surabaya Jumping Master dari tahun 2022 hingga saat ini. Juga kepada semua pendukung even ini yang telah memberikan dukungan dengan semangat persatuan dan kebersamaan yang luar biasa," ucapnya.

Manajer Club Akara Surabaya, Hari Ibnu menjelaskan bahwa Equestrian bukan hanya semata-mata kompetisi berkuda. Namun olahraga ini juga bermuatan entertain. Untuk membakar semangat para peserta dan juga penonton, SJM juga akan menggelar aksi-aksi hiburan seperti Live DJ, Fun Games, dan arena bazar di sisi lapangan pertandingan. Kemudian untuk hadiah-hadiah bagi para peserta sendiri, selain berlimpah hadiah menarik, dengan total hingga ratusan juta rupiah.

Kemudian ada Surabaya Horse Fair yang akan memfasilitasi para Pemilik kuda yang ingin memamerkan kuda-kuda terbaik mereka untuk dilepas di pasaran. Nantinya para pemilik kuda akan diberikan kesempatan untuk menunjukkan kuda-kudanya termasuk informasi seputar prestasi dan juga silsilah keturunan dari kuda-kuda tersebut untuk meyakinkan pihak yang sedang membutuhkan kuda-kuda untuk berkompetisi. kbc7

Bagikan artikel ini: