Dorong Terwujudnya Ketahanan Energi Nasional, Kemen BUMN Kunjungi Pabrik Bioetanol Enero

Rabu, 21 Februari 2024 | 15:06 WIB ET

MOJOKERTO, kabarbisnis.com: Asisten Deputi Bidang Industri Perkebunan dan Kehutanan Kementerian BUMN Faturohman bersama Direktur Hubungan Kelembagaan PT Perkebunan Nusantara (PTPN) I Tio Handoko mengunjungi PT Energi Agro Nusantara (Enero), anak usaha PTPN I pada wilayah kerja Regional 4, Selasa (20/2/2024).

Kunjungan tersebut untuk mendorong terwujudnya Program Strategis Nasional (PSN) Ketahanan Energi Nasional melalui pengimplementasian bioetanol sebagai bahan bakar kendaraan. Enero merupakan industri bioetanol berbasis bahan baku molasses tebu, yang memproduksi bioetanol fuel grade, ENA grade, dan TA grade.

Dalam kesempatan tersebut, Asdep Industri Perkebunan dan Kehutanan Kementerian BUMN Faturohman melihat secara langsung kesiapan Enero dalam menyediakan bioetanol fuel grade miliknya untuk memenuhi mandatory pemerintah terkait penggunaan Bahan Bakar Energi (BBN).

"Kementerian BUMN akan mendukung PTPN maupun PT Enero untuk dapat menguasai pasar industri bioetanol," kata Faturohman.

Direktur PT Enero, Puji Setiyawan menyampaikan kesiapan PT Enero dalam memproduksi bioetanol fuel grade untuk BBN, yang dibuktikan melalui kerjasama dengan PT Pertamina Patra Niaga yang sudah berjalan.

"Jumlah pengiriman bioetanol fuel grade ke Pertamina telah mencapai 120 Kiloliter (KL) di tahun 2023 lalu. Sampai dengan Februari 2024, direncanakan pengiriman kembali sejumlah total 288 KL yang akan digunakan untuk bahan campuran BBM Pertamax RON 92 untuk menjadi Pertamax Green 95," terang Puji Setiyawan.

Pada kunjungan ini, Direktur Hubungan Kelembagaan PTPN I Tio Handoko meminta agar manajemen Enero dapat menangkap peluang-peluang yang ada untuk mengembangkan bisnis ke depannya.

Selain itu Tio juga meminta perluasan potensi kerja sama dengan Riset Perkebunan Nusantara (RPN) maupun Universitas untuk mendorong pendalaman riset terkait pengembangan pupuk hayati cair yang diproduksi Enero.kbc6

Bagikan artikel ini: