BUMN Kembali Gelar Mudik Gratis Lebaran 2024, Kuota 80 Ribu Orang

Kamis, 22 Februari 2024 | 15:02 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) memastikan bahwa sejumlah perusahaan pelat merah bakal kembali menggelar program mudik gratis pada tahun ini. Kuota mudik yang disiapkan sebesar 80.000 orang.

Staf Khusus Menteri BUMN, Arya Sinulingga mengatakan, jumlah kuota itu lebih banyak dari tahun sebelumnya. Adapun pada Lebaran 2023 kuota mudik gratis bersama BUMN sebanyak 65.603 orang.

"Mudik gratis ada. Kuotanya kita tambah, tahun ini 80.000," ujar Arya dikutip Kamis (22/2/2024).

Arya mengatakan, mudik gratis 2024 akan tersedia dalam beberapa moda transportasi, yakni kereta, bus, dan kapal laut. Meski begitu, dia belum merinci lebih jauh mudik gratis tahun ini, seperti cara mendaftar dan jumlah BUMN yang terlibat.

Namun, bila berkaca dari program mudik gratis tahun lalu, masyarakat perlu mendaftarkan diri melalui website yang disediakan BUMN ataupun mendaftar langsung ke kantor BUMN.

Tahun lalu, program mudik bersama diikuti 24 BUMN dengan keberangkatan dari berbagai titik, baik di terminal, stasiun, maupun pelabuhan.

Program mudik bersama BUMN ini pun diadakan bertujuan mengalihkan ribuan pengguna kendaraan, terutama sepeda motor, ke moda transportasi umum seperti bus, kereta api, dan kapal laut yang memenuhi standar keselamatan transportasi. kbc10

Bagikan artikel ini: