Masih Diuji Coba, Rupiah Digital Siap Meluncur Tahun Ini

Sabtu, 2 Maret 2024 | 08:44 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Bank Indonesia (BI) melaporkan bahwa pihaknya masih terus menyiapkan penerbitan Central Bank Digital Currency (CBDC) atau rupiah digital.

Deputi Gubernur BI Juda Agung mengatakan, saat ini piloting Rupiah Digital terus dilakukan di sisi internal. Di samping itu, progres rupiah digital juga masih dalam tahap konseptual desain atau proof of concept.

"Sekarang di BI sedang dalam proses konseptual desain, proof of concept, dengan menggunakan simulasi-simulasi dari sisi internal di BI," tutur Juda seperti dikutip, Jumat (1/3/2024).

Dia menambahkan, BI juga masih akan melihat dari perkembangan CDBC secara global, dengan melihat pengalaman-pengalaman di negara lain. Misalnya seperti di China dan Eropa.

Juda memastikan bahwa penerapan CBDC atau rupiah digital masih belum  diimplementasikan pada tahun ini.

"(2024 akan diluncurkan?) Saya kira belum, kita masih terus melakukan piloting-piloting," ungkapnya.

Adapun rupiah digital nantinya akan menggantikan fiat money, uang kertas dan logam. Akan tetapi, penggantian yang fiat ke rupiah digital akan dilakukan secara bertahap.

"Sifatnya masih hybrid, nanti pada akhirnya tentu saja akan menjadi pengganti dari fiat money, uang kertas dan uang logam," imbuhnya. kbc10

Bagikan artikel ini: