Laksanakan IPO, Molindo sasar perkebunan tebu

Rabu, 9 Juni 2010 | 10:35 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: PT Molindo Raya Industrial akan menawarkan 650 lembar saham baru dalam penawaran umum saham perdana (Initial Public Offering/IPO).

Saham baru yang diterbitkan dari portopel perseroan bernilai nominal Rp 250 per lembar saham. Saham baru tersebut setara dengan 30,29% dari modal ditempatkan dan modal disetor perseroan setelah penawaran umum perdana dan ditawarkan kepada masyarakat.

Dalam prospektus ringkas perseroan yang dipublikasikan Rabu (9/6/2010), disebutkan bahwa dana hasil IPO ini sebanyak 75% dialokasikan untuk meningkatkan penyertaan modal dan pinjaman perseroan di PT Masundari Lampung Indah (MLI) yang akan dipergunakan anak usahanya itu untuk memiliki perkebunan tebu yang akan terintegrasi dengan pabrik Ethanol baru.

Sementara sisa dana hasil IPO sebanyak 25% akan digunakan perseroan untuk memperkuat modal kerja antara lain untuk kebutuhan pembelian persediaan dan pembiayaan produksi perseroan.

Dengan tambahan modal tersebut, maka kepemilikan perseroan dalam MLI akan bertambah secara signifikan dari sebesar 27% menjadi 75%. Saat ini, porsi kepemilikan terbesar di MLI masih dipegang oleh PT Madusari Murni Indah (MMI) sebesar 73%.

Masa awal penawaran akan dilaksanakan pada 9-18 Juni, tanggal efektif pada 25 Juni, masa penawaran pada 29 Juni-2 Juli 2010, serta tanggal pencatatan di BEI pada 7 Juli 2010. Dalam aksi korporasi ini, Molindo telah menunjuk PT Mandiri Sekuritas sebagai penjamin pelaksana emisi efek atau underwriter. kbc8

Bagikan artikel ini: