Garuda Indonesia Klaim Tak Ada Kenaikan Harga Tiket Kelas Ekonomi di Lebaran 2024

Minggu, 7 April 2024 | 09:11 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Direktur Utama PT Garuda Indonesia Irfan Setiaputra memastikan tak ada kenaikan harga tiket pesawat kelas ekonomi selama musim mudik Lebaran 2024.

Irfan menyebut, isu bahwa tarif tiket pesawat Garuda Indonesia meroket tajam selama musim mudik merupakan fitnah belaka. Dia menekankan Garuda Indonesia tidak pernah menaikkan harga tiket pesawat selama nyaris lima tahun terakhir.

Irfan berujar, jika memang ada peningkatan tarif, hanya tiket kelas bisnis yang akan terdampak, bukan ekonomi. "Kalau (kelas) ekonomi kita enggak boleh naik dan tidak akan naik," kata Irfan seperti dikutip, Minggu (7/4/2024).

Dalam kesempatan itu, Irfan mengatakan ada masyarakat yang mengeluhkan biaya tarif tiket pesawat Garuda Indonesia yang terbilang fantastis.

Pasalnya, ada pesawat lain dengan rute yang sama namun memasang tarif yang jauh lebih murah dibandingkan Garuda Indonesia.

Menurut Irfan, perbedaan harga itu disebabkan lama durasi penerbangan yang ditempuh masing-masing pesawat. Pesawat lain, kata dia, jauh lebih murah karena menempuh rute tak langsung alias mesti transit dahulu.

Sementara Garuda Indonesia memiliki rute langsung dengan waktu tempuh 1 jam 50 menit. "Jadi kalau misalnya mau coba membandingkan harga, ada dua hal yang bisa Anda lihat. Ini kelasnya apa? Bisnis atau ekonomi? Yang kedua, ini durasi terbangnya berapa lama?" ujarnya.

"Jadi tadi pagi ada yang komplain ke saya durasinya, tentu harganya beda jauh, durasinya 21 jam Jakarta-Padang sementara kalo direct naik Garuda kan cuma 1 jam 50 menit. Jadi jangan marah dulu," imbuh Irfan. kbc10

Bagikan artikel ini: