Lebih Dekat dengan Amrul Jihadi, Sosok Potensial Jadi Cawabup Lombok Timur di Pilkada 2024

Senin, 22 April 2024 | 15:39 WIB ET

LOMBOK TIMUR, kabarbisnis.com: Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 bakal digelar pada 27 November 2024. Di beberapa daerah, sejumlah nama mulai mewarnai kontestasi politik. Salah satunya Lombok Timur.

Adalah Ketua DPC Partai Demokrat Lombok Timur, Amrul Jihadi, yang masuk sosok yang berpotensial jadi calon wakil bupati (cawabup) dalam kontestasi Pemilihan Bupati (Pilbup) Lombok Timur 2024.

Amrul bahkan menjadi kandidat satu-satunya yang bersanding dengan tokoh senior yang juga merupakan DPW Partai NasDem NTB, H Rumaksi Sj.

Pasangan yang biasa disebut sebagai Rumaksi-Amrul Jihadi (RAMAH) saat ini sudah mulai terang-terangan mendeklarasikan dirinya.

Siapa Amrul Jihadi?

Amrul lahir di Desa Pringgajurang, Kecamatan Montong Gading, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada 4 Agustus 1979.

Dia menghabiskan masa studinya di Universitas Mataram (UNRAM) usai lulus di SMAN 1 Narmada pada tahun 1997 lalu.

Di UNRAM, Amrul mengenyam pendidikan mengambil jurusan Teknik Sipil dan lulus pada tahun 2003.

Sebagai alumnus Fakultas Teknik UNRAM, menjadi bekal ia menata kariernya yang penuh perjuangan, namun penuh pengabdian ke masyarakat.

Usai lulus, Amrul memilih bekerja di Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri yang mulai masuk sebagai pegawai pada tahun 2007 silam.

Bahkan, Amrul menghabiskan 8 tahun mengabdi di PNPM Mandiri, bertugas melayani masyarakat yang membutuhkan modal untuk usaha.

Berbekal pengalamannya ini, Amrul yang setiap harinya melayani masyarakat tergerak hatinya untuk lebih bermanfaat lagi bagi masyarakat.

"Saya 8 tahun di PNPM Mandiri, jadi saya ingin lebih dalam melayani mereka (masyarakat) kembali, itulah dasar awal saya masuk ke Politik," ucap Amrul Jihadi dikutip, Senin (22/4/2024).

Karier Politik

Di dunia Politik, karier Amrul Jihadi terbilang cukup mulus, dimana dia masuk pada kepengurusan partai Demokrat pada pada tahun 2014 lalu.

Setahun setelahnya, Amrul berhasil memenangkan Pemilihan Legislatif (Pileg) 2014 dan menjadi wakil rakyat di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Lombok Timur.

Amrul bahkan mantap berkarier di dunia politik, dengan menghabiskan 2 periode sebagai wakil rakyat di DPRD Lombok Timur.

Namun, pada saat menjabat sebagai anggota dewan ini, Amrul mulai merasa perjuangannya sebagai sarana agregasi kepentingan rakyat kurang.

Lantaran, di DPR dirinya tidak bisa sepenuhnya memperjuangkan hak rakyat, mengingat menjadi dewan dirinya tidak bisa sepenuhnya mengeksekusi apa yang menjadi harapan rakyat.

"Jadi DPRD lebih ke kewenangan dalam memperhatikan program masyarakat, dan itu yang kita perjuangkan, karena di DPRD kita punya keterbatasan, karena memang eksekutiflah (kepala daerah) yang menjadi eksekusi programnya," ungkapnya.

Keinginan kuat untuk melayani masyarakat inilah yang membuatnya bertekad maju pada Pilkada Lombok Timur 2024 ini.

Dia yakin, sebagai kepala daerah nantinya aspirasi rakyat akan lebih mudah diperjuangkan.

"Untuk itu, kedepan yang kita perjuangkan hilirisasi produksi, kita punya potensi yang besar seperti pertanian dan peternakan dan kita teruskan itu ke model hilirisasi," ujar Amrul. kbc7

Bagikan artikel ini: