Alamak! Jakarta Masuk Jajaran 10 Kota Paling Bikin Stres di Dunia

Kamis, 9 Mei 2024 | 11:12 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Kota Jakarta selama ini menjadi salah satu destinasi masyarakat untuk melepas penat karena adanya sejumlah destinasi wisata dan kuliner. Biasanya mereka memilih pergi jalan-jalan ataupun aktivitas lainnya untuk menghilangkan stres mereka.

Namun ternyata berdasarkan survei The Least and Most Stresstfull Cities Index 2021, DKI Jakarta menempati posisi kesembilan dari 10 kota di dunia.

Posisi pertama ditempati oleh kota Mumbai. Kota Mumbai merupakan kota terbesar di India, tetapi ternyata paling mengalami tekanan.

Kemudian, disusul kota Lagos, Nigeria, ketiga ada kota Manila, Filipina, New Delhi, India dan Baghdad, Irak.

Penelitian ini berdasarkan dari 15 indikator antara lain, faktor struktural dan lingkungan termasuk keselamatan, tingkat pengangguran, polusi udara, kepadatan, jaminan sosial, kesehatan mental, akses terhadap layanan kesehatan, dan masih banyak lagi.

"Tujuan kami melalui studi ini adalah untuk menunjukkan apa yang dapat dicapai kota bagi warganya melalui tata kelola yang efektif, kebijakan lingkungan yang kuat, dan sistem kesejahteraan sosial yang memiliki sumber daya yang baik," kata salah satu pendiri Vaay, Finn Age Hänsel, dikutip dari Tatler Asia, Kamis (9/5/2024).

Berikut daftar 10 kota paling stres di dunia:

1. Mumbai, India

2. Lagos, Nigeria

3. Manila, Filipina

4. New Delhi, India

5. Baghdad, Irak

6. Kabul, Afganistan

7. Moskow, Rusia

8. Karachi, Pakistan

9. Jakarta, Indonesia

10. Kiev, Ukraina.

kbc10

Bagikan artikel ini: