Garuda Siapkan 14 Pesawat Angkut 109 Ribu Jamaah Haji Tahun Ini

Jum'at, 10 Mei 2024 | 08:48 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia bakal melayani sebanyak 109.000 jamaah calon haji ke Tanah Suci tahun ini. Penerbangan akan terbagi dalam 292 kelompok terbang (kloter).

"Total jemaah yang akan dibawa ada 109 ribu jemaah haji dengan komposisi yang cukup," kata Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra seperti dikutip, Jumat (10/5/2024).

Dia mengatakan, dari jumlah 109 ribu jamaah calon haji asal Indonesia ini bakal diangkut menggunakan 14 unit pesawat berbadan lebar jenis Boeing dan Airbus. Dari jumlah itu, telah terbagi ke dalam 292 kelompok terbang dan akan diberangkatkan dari sembilan embarkasi yaitu Jakarta, Medan, Padang, Aceh, Solo, Balikpapan, Banjarmasin, Makassar, dan Lombok.

"Penerbangan awal akan kita lakukan dari Jakarta dan Solo. Dan dimulai tanggal 12 Mei 2024," katanya.

Menurut Irfan, masa angkutan haji saat ini telah memiliki berbagai catatan dalam pengoperasian layanan penerbangan setelah berkaca pada musim haji tahun lalu. Garuda Indonesia akan prioritas terhadap pelayanan penerbangan haji yang aman dan nyaman bagi jamaah lansia dan bagi mereka yang jarang atau belum pernah melakukan penerbangan jarak jauh.

"Kami menambah fasilitas untuk lansia dan embarkasi kita sediakan atau tambahan kursi roda serta tambahan petugas untuk membantu mereka keluar masuk pesawat," ujarnya.

Demikian pula dengan layanan pemulangan jamaah haji, kata Irfan, pihaknya menyiapkan dua embarkasi di Jeddah dan Madinah, sesuai dengan pengaturan yang disepakati dengan Kementerian Agama.

Untuk memastikan pelayanan berjalan lancar, Garuda melakukan penambahan 600 petugas kabin pesawat, yang ditugaskan untuk melayani para jamaah calon haji dari kelompok lansia.

"Khusus pelayanan haji ini kita tambahkan sekitar 600 petugas, tentu ini untuk melengkapi awak cabin yang ditugaskan untuk haji," pungkas Irfan. kbc10

Bagikan artikel ini: