13 Bandara Siap Layani 555 Kloter Jamaah Haji

Sabtu, 11 Mei 2024 | 18:31 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Embarkasi Angkutan Haji 2024 di bandara PT Angkasa Pura Indonesia (InJourney Airports) akan dimulai 12 Mei - 10 Juni. Kemudian debarkasi bakal berlangsung 23 Juni - 21 Juli. Dalam kurun pelaksanaan ini, sebanyak 209.741 calon jemaah haji yang dibagi dalam 555 kelompok terbang (kloter) akan dilayani oleh 13 bandar udara atau bandara.

Dikutip kantor berita Antara dari rilis resmi InJourney, tiga bandara dengan kloter terbanyak adalah Bandara Soekarno-Hatta Tangerang yang akan melayani 129 kloter. Kemudian Bandara Juanda Surabaya dengan 106 kloter, serta Bandara Adi Soemarmo Solo dengan 100 kloter.

Selain tiga bandara tadi, ada Bandara Sultan Hasanuddin Makassar yang menggelar 38 kloter, Bandara Kertajati Majalengka dengan 30 kloter, Bandara Kualanamu Medan dengan 25 kloter, Bandara Minangkabau Padang dengan 17 kloter, Bandara Zainuddin Abdul Madjid Lombok dengan 13 kloter, serta Bandara Sultan Iskandar Muda Banda Aceh yang menerbangkan 12 kloter.

Selanjutnya, Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman  (SAMS) Sepinggan Balikpapan, Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang, dan Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin masing-masing menerbangkan 19 kloter. "Sebagai bagian dari komitmen perusahaan untuk mendukung penyelenggaraan angkutan haji di Indonesia, InJourney Airports telah mempersiapkan dan memastikan kesiapan infrastruktur serta pelayanan bandara selama proses embarkasi dan debarkasi calon jamaah haji," jelas Faik Fahmi, Direktur Utama InJourney Airports di Jakarta, Sabtu (11/5/2024).

InJourney Airports telah berkoordinasi dengan berbagai pemangku kepentingan untuk memastikan bahwa seluruh proses embarkasi dan debarkasi dapat berjalan dengan aman, selamat, dan nyaman.Dari ketigabelas bandara embarkasi dan debarkasi, ada tiga bandara menyandang status domestik atau bukan internasional.

Tiga bandara dengan kloter terbanyak, yakni Bandara Soekarno-Hatta Tangerang yang akan melayani 129 kloter, disusul Bandara Juanda Surabaya dengan 106 kloter serta Bandara Adi Soemarmo Solo dengan 100 kloter.

Selain tiga bandara tersebut, Bandara Sultan Hasanuddin Makassar akan melayani 38 kloter, Bandara Kertajati Majalengka dengan 30 kloter, Bandara Kualanamu Medan dengan 25 kloter, Bandara Minangkabau Padang dengan 17 kloter.Kemudian, Bandara Zainuddin Abdul Madjid Lombok dengan 13 kloter, Bandara Sultan Iskandar Muda Banda Aceh dengan 12 kloter.

Kemudian, Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan, Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang, dan Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin masing-masing dengan 19 kloter. kbc11

Bagikan artikel ini: