Bikin Nyaman Jemaah Haji, Arab Saudi Muluskan Jalan Raya

Minggu, 12 Mei 2024 | 16:18 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Jemaah calon haji 2024 mulai berdatangan di Arab Saudi. Pemerintah setempat pun menyiapkan 4.000 kilometer jalan raya untuk memudahkan akses jemaah.

Dilansir Gulf News, Minggu (12/5/2024), jalan yang disiapkan oleh Otoritas Pekerjaan Umum Arab Saudi adalah jalan-jalan di Makkah. Mereka memperbaiki jalanan yang akan dilewati oleh jemaah haji dengan mengikis dan mengaspal kembali 158 km jalan.

Selain itu, pemerintah Arab Saudi juga mengatasi retakan dan lubang di 403 lokasi, memangkas bahu jalan sepanjang 2.361 km, hingga mengikis bukit pasir seluas 1.240 meter kubik. Tak lupa membersihkan aliran sungai lembah di 421 lokasi. Semua sudah selesai dilakukan untuk menyambut para tamu Allah SWT di Tanah Suci.

Jaringan jalan raya Arab Saudi, yang diakui oleh Bank Dunia sebagai yang paling terhubung di antara jaringan jalan global, juga memainkan peran vital dalam menghubungkan tempat-tempat suci serta memfasilitasi perjalanan jemaah dengan aman dan efisien. Evaluasi ini dilakukan oleh Otoritas Pekerjaan Umum Arab Saudi tahun lalu, dengan fokus pada kelancaran ibadah para jemaah.

Tak hanya itu, jalur-jalur tersebut juga menghubungkan Arab Saudi dengan negara-negara tetangga, sehingga mempermudah para jemaah untuk melakukan perjalanan darat.

Kepala Otoritas Pekerjaan Umum, Bader Al Dalami, telah memastikan kesiapan jalur-jalur tersebut, serta melakukan tur inspeksi di lebih dari 2.000 km jalan menuju tempat-tempat ibadah utama. Tur ini meliputi rute-rute penting seperti jalan raya Riyadh-Taif yang menghubungkan ibu kota dengan Taif, dan jalan Taif Al-Sail yang memiliki peran krusial dalam perjalanan para jemaah selama pelaksanaan ibadah haji.

Al Dalami juga meninjau jalan Taif-Khurma-Rania-Bisha, arteri utama yang melayani beberapa kegubernuran di Makkah.

Seperti diketahui, pelaksanaan ibadah haji berpusat di Tanah Suci Makkah. Jemaah juga akan berada di Madinah sebelum atau sesudah melangsungkan haji untuk berziarah ke tempat-tempat suci. kbc10

Bagikan artikel ini: