Fokus Bisnis Pelabuhan dan Logistik, Stiamak Berpeluang Jadi Kampus Besar

Kamis, 16 Mei 2024 | 00:54 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Stiamak Barunawati Surabaya memiliki peluang menjadi kampus yang berkembang pesat. Fokus pada bisnis pelabuhan dan logistik. Memiliki dosen praktisi bisnis pelabuhan dari Pelindo Grup dan pelaku bisnis terkait lainya.

Demikian disampaikan pengamat nasional bidang transportasi laut, Prof. R.O. Saut Gurning di hadapan 50 pelaku usaha dan industri (DUDI) maritim nasional dalam Forum Group Discussion (FGD) yang digelar Stiamak di Hotel Grand Mirama Mercure Surabaya, Rabu (15/5/2024).

Menurut Saut, acara FGD dengan tujuan kolaborasi antara akademik dengan DUDI merupakan langkah yang sangat tepat. Karena dunia kampus menjadi tahu lebih awal jika perubahan terjadi begitu cepat.

"Di beberapa negara banyak kampus tutup. Sementara perubahan terjadi begitu cepat, termasuk dunia bisnis maritim. Langkah STIAMAK untuk mendapatkan masukan tentang situasi bisnis maritim sekarang ini dari pelaku bisnis maritim, sangat tepat. Sehingga bisa mempersiapkan lulusan kampus sesuai dengan kebutuhan bisnis," katanya.

Sementara Wakil Ketua Umum Asosiasi Badan Usaha Pelabuhan (ABUPI) David Rahadian mengungkapkan, tawaran STIAMAK untuk mahasiswa RPL (Rekognisi Pembelajaran Lampau) dimana masa kerja dengan keahlian khusus calon mahasiswa bisa dikonversi sebagai mata kuliah menjadi program pemerintah. "Stiamak membuka mahasiswa RPL sangat menarik. Karena pekerja pelabuhan di Surabaya sangat besar. Low cost bisa kuliah hari Sabtu," katanya.

Ketua Stiamak Barunawati Surabaya, Gugus Wijonarko mengatakan, sekarang ini Stiamak memiliki program studi S1 Ilmu Administrasi Bisnis. Tahun ini menambah dua prodi baru, S1 Bisnis Digital dan S1 Sistem Informasi.

"Sementara penerimaan mahasiswa RPL merupakan komitmen Stiamak dalam mendukung program pemerintah. "Kita mendukung program pemerintah dan melayani pekerja untuk meningkatkan jenjang pendidikan sampai strata-1 (S1) melalui program RPL," kata Gugus.

Menurutnya, Stiamak menerima mahasiswa baru dari lulusan SMA/SMK, transfer dan beasiswa perusahaan. "Kami memfasilitasi bagi perusahaan yang memiliki karyawan berprestasi tapi pendidikan belum S1 bisa kuliah di Stiamak. Kegiatan kuliah bisa pagi maupun sore," tambah Gugus.

Saat ini jumlah mahasiswa pekerja pelabuhan cukup banyak. Baik di grup bisnis BUMN Pelindo Group, pelayaran, forwarding, trucking, ekspedisi dan tempat bisnis terkait lain. Akreditasi institusi "Baik Sekali".kbc6

Bagikan artikel ini: