Perluas Penjualan dan Layanan, HSC Berniat Tambah 12 Jaringan Baru

Rabu, 5 Juni 2024 | 18:16 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Selain penjualan, layanan purna jual menjadi salah satu kunci yang harus dilakukan industri otomotif. Hal ini pula yang dilakukan Honda Surabaya Center (HSC), diler resmi mobil Honda wilayah Jawa Timur (Jatim), Bali dan Nusa Tenggara (Nusra) yang bakal menambah 12 diler penjualan atau branch dealer. Hal ini untuk mempermudah masyarakat dalam membeli sekaligus melakukan perawatan mobil Honda.

Director Honda Surabaya Center (HSC) Wendy Miharja mengatakan, salah satu diler yang dalam waktu dekat akan beroperasional adalah di Kota Pamekasan. Dibukanya diler di salah satu wilayah di pulau Madura itu karena penjualan dari daerah tersebut selama cukup menggembirakan.

"Kami sudah studi selama 10 tahun. Dan dalam sebulan, ada penjualan sebanyak 10 hingga 12 unit dari Pamekasan, sehingga sangat perlu adanya jaringan untuk layanan swervis resmi. Sehingga kami membuka diler di daerah ini," katanya baru-baru ini.

Dipaparkannya, selama ini pihaknya memang bekerja sama dengan bengkel di wilayah sekitar untuk layanan servis pelanggan, dan harus mendatangkan tim resmi di sana. Namun karena kapasitasnya yang terbatas, pelanggan harus antre untuk mendapatkan layanan servis.

"Minat konsumen di sana besar, bahkan setiap 2 minggu sekali kami mengirimkan tim servis dan sudah diantri konsumen. Makanya untuk memaksimalkan layanan, kami buka jaringan resmi," ungkap Wendy.

Selain Pamekasan, Honda juga akan menambah beberapa cabang baru lain, termasuk di Pulau Dewata, Bali. Penambahan cabang ini sendiri menjadi hal yang positif, karena konsumen Honda di kota-kota tersebut tidak perlu lagi ke kota lain yang lebih besar untuk mendapatkan layanan resmi dari Honda. Selain itu, penambahan diler tentunya juga akan berdampak positif untuk penjualan Honda sendiri.

Sebelumnya, HSC juga sudah membuka diler di kota Blitar, melalui Honda Mandalasena Blitar pada 18 Desember 2023. Honda Mandalasena Blitar beralamat di Jalan Raya Garum, Sawahan, Pojok, Kecamatan Garum, Kabupaten Blitar.  Honda Mandalasena Blitar mempunyai luas bangunan sebesar 1,080 m2 dimana jaringan dealer ini memiliki fasilitas layanan 3S (Sales, Service, Spareparts).

Wendy menambahkan, branch dealer tidak hanya fokus pada penjualan, tapi lebih pada layanan servis dan spare part. Sebab, kata dia, selama ini banyak sekali konsumen Honda di daerah yang kesulitan mengakses layanan servis dan spare part Honda. "Total kami akan membangun 12 branch dealer di sejumlah wilayah, baik untuk tahun ini maupun tahun depan. Saat ini kami sedang mencari lahan," ujarnya.

Diketahui, HSC tahun ini menargetkan penjualan sebanyak 15.500 unit. Jumlah tersebut turun jika dibanding realisasi penjualan di 2023 yang sebanyak 16.127 unit. Sementara itu hingga April 2024, penjualan HSC sudah mencapai 4.160 unit di Jawa Timur. Jumlah itu melebihi target sebesar 108 persen. Sementara untuk target per semester I-2024, penjualan tersebut tercapai sebesar 77 persen. kbc7

Bagikan artikel ini: