Dipangkas, Getaci Batal Jadi Jalan Tol Terpanjang di RI

Minggu, 9 Juni 2024 | 09:33 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Kementerian Pekerjaan umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyatakan bahwa lelang ulang Jalan Tol Gedebage - Tasikmalaya - Cilacap (Getaci) dipangkas hanya sampai ke Ciamis.

Artinya, secara teknis Tol Getaci batal menjadi jalan tol terpanjang di Indonesia. Pasalnya, mengacu pada data Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR, ruas tol Getaci hanya akan terbentang sepanjang 108,3 km dengan nilai investasi sebesar Rp37,64 triliun.

Bahkan, posisi panjang Jalan Tol Gedebage - Tasikmalaya - Ciamis itu tidak lebih panjang dari Tol Cikampek-Palimanan (Cipali) yang panjangnya mencapai 116 km.

Direktur Jenderal Pembiayaan Infrastruktur dan Perumahan Kementerian PUPR, Herry Trisaputra Zuna menyatakan, pemangkasan ruas Tol Getaci perlu dilakukan untuk menarik minat investor. "Kan total panjangnya itu kan cuma tahapan saja, harus di struktur [lelangnya per bagian] sehingga affordable bagi badan usaha," kata Herry seperti dikutip, Minggu (9/6/2024).

Herry memberi gambaran, proses pelelangan ulang ditarget dapat dilangsungkan pada Juni. Dia berharap, pada September 2024 dapat dilaksanakan penandatanganan perjanjian pengusahaan jalan tol (PPJT).

Sebelumnya, Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) dalam Pengumuman Hasil Pelelangan Pengusahaan Jalan Tol Gedebage - Tasikmalaya - Ciamis Nomor:24/BPJT/L/GTCM/2024, lelang tol Getaci hanya diikuti oleh dua konsorsium.

Pertama, yakni Konsorsium PT Trans Persada Sejahtera - PT Wiranusantara Bumi yang dinyatakan tidak lulus.  Kedua, Konsorsium PT Dayamulia Turangga - PT China State Construction Overseas Development Shanghai yang juga dinyatakan tidak lulus. kbc10

Bagikan artikel ini: