Awas! Aplikasi Android Ini Bisa Bobol Rekening, Segera Hapus!

Selasa, 18 Juni 2024 | 09:01 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Seiring dengan terus meningkatnya pengguna smartphone, kini muncul beragam aplikasi yang menawarkan beragam tujuan. Namun pengguna smartphone harus jeli, karena terdapat banyak aplikasi yang ditemukan berbahaya. Salah satunya kemampuan mengakses informasi keuangan.

Temuan itu diungkap tim peneliti siber dari ESET. Menurut mereka, tiga aplikasi ponsel Android dapat mengirimkan malware langsung ke ponsel korbannya.

Ketiganya adalah Dink Messenger, Info Sim, dan Defcom. Malware yang dikirimkan menggunakan alat pengembang aplikasi asli dan digunakan untuk menyimpan informasi sensitif dan menyulitkan alat keamanan melakukan pekerjaannya.

"Aplikasi yang mengandung XploitSPY dapat mengekstrak daftar dan file kontak, lokasi GPS perangkat dan nama file pada direktori tertentu terkait kamera, download dan berbagai aplikasi pesan seperti Telegram dan WhatsApp," kata tim peneliti ESET, dikutip Selasa (18/6/2024).

Malware juga menggunakan library asli. Biasanya pengembang aplikasi Android akan menggunakannya untuk meningkatkan kinerja dan akses fitur sistem.

Namun bagi para penjahat siber, library akan menyimpan informasi sensitif. Salah satunya alamat dari server C&C, membuat alat keamanan sulit menganalisa aplikasi.

Selain mengakses informasi keuangan, malware mengakses data lain dalam HP, termasuk daftar kontak hingga GPS perangkat.

Dilaporkan, mayoritas korban malware ini berada di India dan Pakistan. Sementara itu bagi pengguna yang masih menyimpan tiga aplikasi tersebut diminta untuk langsung menghapusnya dari ponsel. kbc10

Bagikan artikel ini: