Ferrari Rilis Mobil Listrik Pertamanya Seharga Rp8,8 Miliar

Minggu, 23 Juni 2024 | 08:41 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Pabrikan supercar asal Italia, Ferrari bakal meluncurkan mobil listrik berperforma tinggi pertamanya. Kendaraan tanpa emisi ditargetkan bakal meluncur pada akhir 2025.

Dilansir dari Carscoops, Sabtu (22/6/2024), Ferrari akan menyasar segmen kelas atas dalam memasarkan mobil listrik mereka. Bahkan, analis Mediobanca, Andrea Balloni, memprediksi kendaraan ramah lingkungan ini akan menjadi model khusus dan dapat menyumbang 10 persen penjualan tahunan merek tersebut.

Soal harga, mobil ini dikabarkan mencapai US$500 ribu atau Rp8,8 miliaran, menempatkan mobil listrik Ferrari tersebut sedikit di atas SF90 Stradale PHEV. Tapi, model ini jauh lebih mahal ketimbang mobil listrik lainnya yang beredar di pasaran.

Kendati begitu, harga Rp 8,8 miliar masih jauh lebih terjangkau dibandingkan hypercar, Rimac Nevera yang dijual empat kali lebih mahal. Mobil listrik ini juga akan jauh lebih terjangkau ketimbang model mesin pembakaran internal (ICE) Bentley dan Rolls-Royce.

Mobil listrik pertama Ferrari kabarnya akan diproduksi di pabrik baru Maranello, Italia, yang saat ini sedang dalam tahap pembangunan. Pabrik tersebut diharapkan dapat beroperasi secara penuh dalam waktu tiga hingga empat bulan mendatang.

Jalur produksi baru ini memungkinkan Ferrari membuat model dengan mesin bensin, hybrid, dan mobil listrik murni. Kapasitas produksi juga meningkat hingga sepertiga dari 13.663 unit per tahun menjadi 20.000 unit per tahun.

Demi mempertahankan eksklusivitas mobilnya, Ferrari akan membatasi produksi setiap model dan mempertahankan total produksi di bawah 20.000 unit. Namun, produksi yang lebih tinggi dapat mengurangi daftar tunggu yang panjang dan memenuhi peningkatan permintaan, khususnya di pasar negara berkembang.

Selain mobil listrik pertama, Ferrari juga dikabarkan sedang mengembangkan kendaraan listrik berbasis baterai kedua. Namun, kehadiran mobil listrik kedua ini masih membutuhkan waktu lama, mengingat model pertama belum dirilis. kbc10

Bagikan artikel ini: