CSR Minamas beri beasiswa Rp2,4 triliun

Rabu, 30 Juni 2010 | 20:01 WIB ET
saat pemberian beasiswa
saat pemberian beasiswa

JAKARTA, kabarbisnis.com: Minamas Plantation, sebuah perusahaan multinasional bergerak di bidang kepala sawit di Malaysia dan Indonesia, memberikan program beasiswa bagi 20

mahasiswa Indonesia, yang menempuh studi gelar sarjana (S-1) reguler di lima Perguruan Tinggi Nasional (PTN) di Indonesia.

"Ini program Corporate Social Responsibility (CSR), karena kami harus memberikan sesuatu bagi Indonesia. Melalui program ini, memberikan kesempatan kepada mereka untuk belajar yang lebih baik demi masa depanya, demi kemajuan negaranya," ungkap YABhg Tun Musa Hitam, chairman Sime Darby Berhard juga Preskom Minamas Plantation saat memberikan beasiswa di

Jakarta, Rabu (30/6/2010).

Dijelaskan, pemberian program beasiswa ini, merupakan kedua kalinya. Tahun 2009, Minamas Plantation memberikan 20 beasiswa, terdiri 10 mahasiswa umum dari lima perguruan tinggi di Indonesia serta 10 mahasiswa yang merupakan anak-anak karyawan Minamas Plantation yang memiliki prestasi, tapi kesulitan keuangan untuk melanjutkan jenjang pendidikan perguruan tinggi.

Tahun 2010, jumlah mahasiswa yang mendapatkan beasiswa meningkat menjadi 66 orang, dengan nilainya mencapai Rp 2,4 triliun. Namun, untuk tahap awal, diberikan kepada 20 mahasiswa

dan sisanya menyusul karena masih dalam taraf penilaian, kata Tun, yang mantan Menteri Pendidikan Malaysia.

Mahasiswa yang diprioritaskan meraih beasiswa ini adalah mahasiswa yang sedang menjalani tahun pertama atau maksimal tengah menjalani tahun kedua studinya pada tahun 2010 ini.

Selain harus memiliki indeks prestasi kumulatif yang baik, minimal 3.00 pada bidang studi yang sudah ditentukan, jelasnya.

Syarat lain bagi kandidat beasiswa adalah dari keluarga tidak mampu secara finansial. Prestasi bidang nonakademik pun menjadi nilai tambah kandidat untuk punya kesempatan besar meraih beasiswa ini, baik prestasi di bidang olahraga, sains dan sebagainya, sebagai kegiatan ekstrakulikuler di perguruan tinggi.

Skema beasiswa yang akan diberikan kepada para kandidat antara lain biaya kuliah dan akademik secara penuh, tunjangan biaya hidup, tunjangan buku, serta tunjangan komputer. Selain itu, kandidat juga bisa mendapatkan kesempatan meraih beasiswa untuk pendidikan selanjutnya atau bekerja di perusahaan pemberi beasiswa ini.

Lima universitas yang dipilih program beasiswa, Universitas Indonesia (UI), Universitas Gadjah Mada (UGM), Institut Pertanian Bogor (IPB), Institut Teknologi Bandung (ITB) serta Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya.

Tun menambahkan selain beasiswa, program CSR Minamas Plantation memberikan rumah bagi karyawan yang belum memiliki tempat tinggal, membangun sekolah, fasilitas umum, jalan dan jembatan di kawasan perkebunan sawit, kursus pendidikan bagi istri karyawan Minamas Plantation yang tersebar di Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi. Kbc10

Bagikan artikel ini: