Tutup MOS, SMK Dr Soetomo gelar baksos di Monkasel

Senin, 19 Juli 2010 | 13:27 WIB ET
Dua siswi SMK Dr Soetomo membersihkan peralatan di Monumen Kapal Selam Surabaya
Dua siswi SMK Dr Soetomo membersihkan peralatan di Monumen Kapal Selam Surabaya

SURABAYA, kabarbisnis.com: Ada hal unik yang dilakukan oleh siswa baru SMK Dr. Soetomo (smekdors) saat mengikuti Masa Orientasi Siswa (MOS) tahun ajaran 2010. Sabtu (17/7) sore mereka mengadakan Bakti Sosial dan Pentas Seni di Monkasel Surabaya. “Ini termasuk kegiatan baru. Kalau selama ini hanya mengadakan acara pentas seni di sekolah untuk menutup orientasi sekolah, sekarang kami tambahkan bakti sosial agar menumbuhkan rasa kepedulian di setiap murid kami,” ujar Juliantono Hadi, Kepala Smekdors.

Dimulai sejak pukul 15.00, kurang lebih 600 siswa baru Smekdors yang terdiri atas 4 jurusan, yaitu Multimedia, Akomodasi Perhotelan, Akuntansi dan Pemasaran mulai sibuk membersihkan setiap sudut di area Monkasel Surabaya. “Beberapa kelompok kami pisahkan tempatnya, seperti ada di dalam kapal selam, kemudian taman di sekitar area kapal selam dan pinggiran kalimas,” kata kepala Smekdor yang akrab disapa pak Anton ini.

Hanya dengan berbekal kain lap dan alat potong rumput seadanya, pelaksanaan peduli lingkungan ini juga bertujuan untuk menjaga kebersihan di tempat wisata yang ada di Surabaya. “sengaja kami adakan di monkasel mengingat monkasel merupakan tempat wisata yang selama ini juga telah menjadi alternatif hiburan bagi warga Surabaya, agar kebersihannya tetap terjaga,” kata pak Anton.

Tak hanya Baksos untuk lingkungan yang mereka lakukan, tetapi pentas seni juga menjadi bagian yang sudah mentradisi dalam sekolah ini. Setiap kelompok yang terdiri dari 50 siswa diwajibkan membawakan sebuah penampilan di atas panggung. Musik band, modern dance dan pembacaan puisi hingga drama ikut ditampilkan sampai malam hari di Monkasel. kbc4

Bagikan artikel ini: