Tekan harga, Bulog Jember siapkan operasi pasar

Senin, 26 Juli 2010 | 14:23 WIB ET

JEMBER, kabarbisnis.com: Kemungkinan terjadinya kenaikan harga beras menjelang bulan Ramadhan akan diantisipasi oleh Bulog Sub Divisi Regional Jember dengan melakukan operasi pasar.

Operasi pasar yang akan dilakukan Bulog Sub Divre Jember ini tinggal menunggu permintaan Pemkab Jember dan melihat kebutuhan masyarakat.

“Bulog Jember siap mengadakan operasi pasar kapan saja, apabila itu diperlukan oleh Pemkab Jember maupun masyarakat,” ujar Kepala Bulog Sub Divisi Regional Jember Tri Wahyudi Saleh saat dihubungi, Senin (26/7/2010).

Selama ini, Bulog Jember, menurutnya, terus melakukan monitoring pergerakan harga barang bersama BPS yang sama-sama memiliki instrumen analisis harga pasar per hari. Bulog sendiri sebenarnya sudah tahu adanya kenaikan harga beras sejak dua minggu lalu.

Karena itu, instrumen Bulog bersiap-siap untuk melakukan operasi pasar, sebab sudah ada surat dari Menteri Perdagangan kepada seluruh Gubenur di Indonesia. Bulog Jember sendiri saat ini juga sedang mendistribusikan penyaluran raskin untuk alokasi bulan Agustus, Juni, dan Juli.

“Harapan kami bisa menggelontorkan raskin untuk 273 ribu rumah tangga sasaran. Kita harapkan harga beras ini bisa bertahan, artinya tidak terus naik. Jadi kami siap dengan stok yang ada,” ujarnya. kbc2

Bagikan artikel ini: