Tukar uang pecahan kecil tembus Rp687 miliar

Senin, 30 Agustus 2010 | 15:41 WIB ET
(dok. kabarbisnis.com)
(dok. kabarbisnis.com)

SURABAYA, kabarbisnis.com: Hingga 10 hari kerja selama Ramadan, uang pecahan kecil (denominasi di bawah Rp20.000) yang sudah dikeluarkan Kantor Bank Indonesia Surabaya telah mencapai Rp687 miliar.

"Dana tersebut sudah mencakup kebutuhan perbankan di Surabaya. Kalau penukaran uang pecahan kecil lewat outlet bank yang kami ajak bekerja sama mencapai Rp42 miliar," ujar Deputi Pemimpin BI Surabaya Bidang Sistem Pembayaran, Mahmud, di Surabaya, Senin (30/8/2010).

Tahun ini, BI bekerja sama dengan bank umum, bank syariah, dan BPR. Total ada 317 outlet bank di Surabaya dan sekitarnya yang melayani penukaran uang kecil. Jadi, masyarakat tak harus ke kantor BI untuk menukarkan uangnya.

Mahmud mengatakan, kebijakan pembatasan transaksi penukaran uang selama Ramadan maksimal sebesar Rp3,9 juta per orang per hari cukup efektif untuk mencegah antrean dan aksi borong oleh spekulan dan calo penukaran uang.

”Penukaran uang kecil pada dasarnya adalah untuk mengakomodasi tradisi dan budaya masyarakat yang biasanya saling memberi buah tangan ketika Lebaran tiba. Kami membatasi maksimal Rp3,9 juta per orang per hari untuk meminimalisasi calo dan spekulan yang memang tak bisa dilarang oleh BI,” jelasnya.

Mahmud mengatakan, jumlah Rp3,9 juta dinilai proporsional dan sudah memenuhi kebutuhan warga masyarakat terhadap uang kecil menjelang Lebaran. kbc5

Bagikan artikel ini: