Laba bersih industri hilir PTPN XII ditarget Rp 12 miliar di 2011

Kamis, 11 November 2010 | 14:41 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com; Kinerja PT Perkebunan Nusantara (PTPN) XII terus dipacu. Tahun depan, perusahaan perkebunan plat merah ini ditargetkan bisa meningkatkan laba mereka, khusunya di sektor industri hilir menjadi Rp12 miliar.

"Kalau target tahun ini hanya sekitar Rp1 miliar dari total target laba bersih PTPN XII Rp95 miliar, di tahun 2011 kami ditarget bisa mencapai sekitar Rp12 miliar, dari total target laba bersih PTPN XII Rp102 miliar," ungkap Manager Industri Hilir PTPN XII, Setyo Wuryanto di Surabaya, Kamis (11/11/2010).

Besarnya target untuk industri hilir ini, menurutnya, karena mulai tahun depan pengolahan industri hilir kayu dan Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) berada dibawah wewenangnya. Sehingga diperkirakan kedua unit industri hilir tersebut akan bisa menyumbang sebagian besar dari total pencapaiannya.

"Kalau sekarang pengelolaan hilir kayu dan AMDK masih berada di unit lain dan mulai tahun depan akan dialihkan dibawah wewenang unit industri hilir. Makanya target laba juga diperbesar," katanya.

Sementara pencapaian laba industri hilir hingga bulan Oktober 2010 tercatat mencapai Rp750 juta dari target sebesar Rp 1 miliar. Diperkirakan, hingga akhir tahun pencapaian akan sesuai target.

"Kan masih ada waktu sekitar dua bulan, kami yakin akan bisa mengejar kekurangan tersebut sehingga pada saat tutup buku, laba industri hilir PTPN XII akan sesuai target sebesar Rp1 miliar," katanya optimistis.

Terkait kontribusi terbesar menurutnya masih disumbang oleh empat komoditas andalan, yaitu komoditas karet, kopi, teh dan coklat yang mencapai 50% dari total laba atau sekitar Rp325 juta. Sementara sisanya dari hilir aneka kayu sebesar 25% dan berbagai komoditas lainnya sebesar 25%.

Terkait penambahan gerai Rollaas Coffee and Tea yang dimiliki PTPN XII sebagai pengembangan dari industri hilir, Wuryanto mengungkapkan tahun depan akan bertambah tiga lagi, di Jakarta dua gerai dan di Bali satu gerai. kbc6

Bagikan artikel ini: