Kian ekspansif, Flexi siapkan akses hotspot di Surabaya

Kamis, 10 Maret 2011 | 15:52 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Telkom Flexi semakin agresif dalam menggarap bisnis layanan data. Saat ini Flexi tengah menyiapkan 10 lokasi di Surabaya yang akan diberi fasilitas hotspot atau wi-fi. Strategi ini diharapkan bisa mendongkrak pengguna Flexinet, layanan internet yang dikembangkan oleh operator CDMA milik PT Telekomunikasi Indonesia Tbk tersebut.

"Pada tahap awal, kami menyiapkan 10 lokasi untuk implementasi fasilitas hotspot ini. Yang sudah beroperasi ada di Royal Plaza dan Surabaya Town Square. Lokasi-lokasi lain kini tengah kami siapkan, seperti di Hitech Mall, Tunjungan Plaza, Plasa Marina, dan WTC," ujar GM Network Service Telkom Flexi Area Jatim, Bali, dan Nusa Tenggara, I Ketut Budi Utama, dalam temu pers di Surabaya Town Square, Surabaya, Kamis (10/3/2011).

Ketut menjelaskan, titik-titk hotspot dari Flexinet akan diprioritaskan untuk tempat-tempat yang trafik layanan datanya cukup tinggi, terutama di pusat kota Surabaya. Sehingga, layanan Flexinet tetap bisa prima di tengah trafik data yang terus meningkat.

"Titik hotspot ini memang untuk mengurangi beban jaringan kita. Jadi, di pusat-pusat keramaian, pengguna Flexinet bisa memakai fasilitas hotspot ini, tanpa perlu memakai modem wireless. Sehingga, beban jaringan kita bisa tetap terkelola dengan baik," jelasnya.

Strategi member fasilitas titik-titk hotspot ini, kata Ketut, juga dilakukan banyak operator telekomunikasi di dunia untuk mengurangi beban jaringan.

Ketut memaparkan, kecepatan download fasilitas hotspot ini mencapai 4,3 Mbps. Titik-titik hotspot dari Flexinet tersebut memanfaatkan sekitar 1.000 hotspot yang dikembangkan Telkom di seluruh Jatim. Flexi mengintegrasikan radius hotspot yang telah ada dengan radius yang dikembangkan oleh Flexinet.

Dalam kesempatan yang sama, GM Commerce Telkom Flexi Area Jatim, Bali, dan Nusa Tenggara, Suparwiyanto, menuturkan, pemberian fasilitas hotspot ini diharapkan bisa mendongkrak pengguna Flexinet. Di tengah gaya hidup masyarakat yang kian dinamis, kebutuhan layanan data memang terus meningkat. Peluang pasar inilah yang coba ditangkap oleh Flexi.

"Saat ini pelanggan Flexinet di Jatim, Bali, dan Nusa Tenggara telah mencapai 1 juta dari total 2 juta pelanggan Flexinet di seluruh Indonesia," papar Suparwiyanto.

Pengoperasian

Ketut menambahkan, untuk bisa menikmati fasilitas hotspot Flexinet, pelanggan cukup memasukkan nama dan kata sandi yang telah dimilikinya setelah mendaftar lewat nomor 2255. Pelanggan bisa memilih menu harian maupun mingguan.

"Di lokasi-lokasi hotspot Flexinet, pelanggan tinggal memasukkan nama dan kata sandinya. Lebih mudah dan fleksibel," pungkasnya. kbc5

Bagikan artikel ini: