2010, penjualan buku meningkat 17%

Rabu, 13 April 2011 | 16:08 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Meningkatnya daya beli masyarakat Indonesia dewasa ini ternyata menimbulkan efek positif pada tingkat pertumbuhan penjualan buku di tanah air. Hal ini tercermin dalam realisasi penjualan buku di jaringan toko Gramedia seluruh Indonesia pada tahun 2010 yang mampu menembus angka 17%.

"Sangat bagus, pada tahun lalu tingkat pertumbuhan penjualan buku di seluruh toko buku kami mencapai 17%. Ini sangat fantastis mengingat kondisi ekonomi baru mulai bergeliat," ungkap General Manager Kompas Gramedia Group, Nugroho F. Yudho, usai jumpa pers Pameran Buku Media Kompas Gramedia Fair di Library Cafe Gramedia Expo, Surabaya, Rabu (13/4/2011).

Realisasi penjualan tersebut dinilai cukup tinggi mengingat biasanya pertumbuhan penjualan hanya mencapai 8% hingga 9% per tahun. Namun, lanjutnya, tingginya pertumbuhan tersebut sebenarnya masih sangat kecil jika dibanding dengan besarnya pertumbuhan pendapatan per kapita masyarakat Indonesia yang mengalami kenaikan 100%, dari US$3.000 per kapita per tahun menjadi US$6.000 per kapita per tahun.

"Jika kita menilik teori ekonomi, harusnya anggaran masyarakat untuk membeli buku dalam tiap bulan mencapai 20% dari total pendapatan mereka. Karena buku adalaha akses menambah pengetahuan," kata Nugroho.

Terlebih menurut penelitian, angka pertumbuhan sumber daya manusia (SDM) produktif 15 tahun ke depan di Indonesia sangat besar, melebihi Jepang dan negara lain. Jika kemudian SDM yang ada ini tidak disiapkan dengan pengetahuan maksimal, maka besarnya jumlah mereka tidak bisa diberdayakan dengan maksimal.

Terkait jenis buku yang laris di pasaran, ia menuturkan masih didominasi jenis buku religi seperti buku tentang keagamaan dan moralitas yang mencapai sebesar 30%, di urutan selanjutnya adalah buku fiksi sebesar 30% juga dan selebihnya dari berbagai jenis buku.

"Kalau jenis buku science atau ilmu pengetahuan relatif lebih kecil. saya juga tidak mengetahui ini indikasinya apa kok jenis buku keagamaan yang paling banyak diminati selama beberapa tahun belakangan," pungkasnya. kbc6

Bagikan artikel ini: