SPH pacu lingkungan bebas asap rokok

Selasa, 7 Juni 2011 | 11:34 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Kegigihan Heru Subijanto meminimalisasi asap rokok di kampungnya mendapat apresiasi serius dari Surabaya Plaza Hotel (SPH). Warga RT 7 RW 6 Bulaksari Wonokusumo Surabaya tersebut medapat anugerah Plazmokefree Award dari SPH atas usahanya mensterilkan kampungnya dari asap rokok yang berbahaya bagi kesehatan.

"Ini adalah salah satu upaya kami memberi apresiasi terhadap mereka-mereka yang mau mengampanyekan dan bertindak langsung mengurangi polusi asap rokok di lingkungannya," kata Resident Manager SPH, Tri Wahyu Utami di sela penganugerahan Plazmokefree award di SPH, Senin (6/6/2011).

Heru Subijanto membuat kesengsem para juri karena aktivitasnya dinilai langsung memberikan dampak pada pengurangan asap rokok di lingkungannya. Pria yang sehari-hari berprofesi sebagai pramubakti di bank pemerintah itu tak segan menegur para perokok yang menghembuskan asap rokok di sekitar kampungnya. Ia dan warga kampung lainnya juga memasang spanduk permanen dan asbak raksasa berukuran 1,5 meter di mulut gang kampungnya dengan tujuan siapapun yang hendak masuk ke gang dihimbau mematikan dulu rokoknya.

"Ini saya lakukan tujuannya hanya untuk melindungi generasi muda, khususnya anak-anak dari pengaruh buruk asap rokok," kata Heru usai menerima penghargaan. Heru yang mengaku sejak kecil tidak suka rokok ini mengaku usahanya tidak sia-sia. Kini di kampungnya tidak ada lagi warga yang merokok sembarangan, paling tidak di jalanan kampung. Ia juga aktif menekan penggunaan narkoba dan minuman keras di lingkungannya. kbc3

Bagikan artikel ini: